Mama Harus Baca, Psikolog Tekankan Pentingnya Sensory Play dan Stimulasi Sosial untuk Anak-Anak

Di masa pandemi ini kesempatan anak untuk mengeksplorasi lingkungan sangat terbatas. Karenanya, para orang tua harus lebih memperhatikan kebutuhan stimulasi sosial dan sensorik anak.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 25 Juli 2022 icon 13:47 WIB
Mama Harus Baca, Psikolog Tekankan Pentingnya Sensory Play dan Stimulasi Sosial untuk Anak-Anak

Bunbun Sensory Playdate (dok.mama's choice)

Di masa pandemi seperti ini, gerak anak untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya menjadi lebih terbatas, terutama bagi anak-anak berusia bawah tiga tahun (batita) yang memerlukan banyak stimulasi baik stimulasi sosial maupun sensorik. Ini dikarenakan dua hal tersebut memengaruhi kemampuan adaptasi anak.

Batita yang memiliki kemampuan adaptasi rendah cenderung lebih mudah rewel saat berada di keramaian. Bahkan menurut survei yang dilakukan oleh Mama's Choice, lebih dari seperempat Mama yang menjadi sampel mengaku tidak pernah mengajak anaknya bermain selama pandemi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Mama’s Choice mengadakan Bunbun Sensory Playdate 2022 di Kindy Cloud Pejaten Terrace, Jakarta Selatan pada Sabtu (23/7/2022) kemarin. Para Mama dan anak diberi kesempatan untuk mencoba kelas sensory secara gratis. Ada pula talkshow yang menghadirkan Caca Tengker dan Chitra Annisya selaku psikolog anak.

Bunbun Sensory Playdate (dok.mama's choice)
Bunbun Sensory Playdate (dok.mama's choice)

"Anak-anak yang lahir pada saat pandemi jarang berinteraksi sosial selain dengan keluarga inti sehingga ketika mereka berada di keramaian atau saat bertemu kakek-nenek, mudah menangis. Karena tidak terbiasa, merasa tidak nyaman," ujar Chitra dalam rilis yang diterima Dewiku.com, Senin (25/7/2022).

Selain stimulus sosial, Chitra juga menekankan pentingnya stimulus sensory atau sensory play untuk menunjang perkembangan kognitif anak di periode emasnya. Karena setiap anak memiliki karakter yang berbeda, dirinya menyarankan para mama untuk menyesuaikan kebutuhan sensorik dengan karakter masing-masing.

Bila kesulitan mendapatkan ide untuk sensory play, para mama bisa memanfaatkan karakter Bunbun milik Mama's Choice. Caca Tengker yang hadir pada acara tersebut pun turut membagikan pengalamannya menstimulasi anak menggunakan karakter ini.

"Aku sering menyelipkan stimulasi dalam aktivitas sehari-hari di rumah, misalnya saat mandi. Nah, karakter Bunbun di produk perawatan bayi Mama's Choice bisa jadi bahan aku berceritaa kepada anak. Misalnya, wah, Bunbun juga suka mandi, nih," ungkap Caca.

Sementara itu, acara yang digelar tepat pada momen Hari Anak Nasional ini juga menjadi ajang bagi Mama’s Choice untuk memperkenalkan Dunia Bunbun kepada para mama. Karakter tersebut kini hadir dalam berbagai format, baik cetak maupun digital.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI