Diet Fruitarian Aman atau Tidak? Ketahui 5 Bahaya jika Anda Cuma Makan Buah

Diet fruitarian mungkin memang efektif menurunkan berat badan, tapi ada beberapa risiko yang juga perlu Anda pertimbangkan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 20 Agustus 2023 icon 12:31 WIB
Diet Fruitarian Aman atau Tidak? Ketahui 5 Bahaya jika Anda Cuma Makan Buah

Makan buah semangka. (Unsplash/Caju Gomes)

Diet fruitarian kian populer seiring dengan meningkatnya minat terhadap pilihan makanan yang lebih alami dan fokus pada nutrisi. Walau demikian, apakah diet fruitarian termasuk metode yang benar-benar aman saat seseorang ingin menurunkan berat badan?

Kendati tampak menarik dan sehat, penting untuk terlebih dulu menggali lebih dalam tentang risiko diet fruitarian. Jangan buru-buru memutuskan untuk menerapkan pola makan ini.

Apa Itu Diet Fruitarian?

Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat Nanas yang Kaya Nutrisi, Bagus untuk Kecantikan Kulit

Melansir Very Well Fit, diet fruitarian merupakan jenis pola makan yang berfokus pada konsumsi buah-buahan sebagai sumber utama nutrisi.

Ilustrasi jus buah dan buah segar. (Unsplash/Jimena)
Ilustrasi jus buah dan buah segar. (Unsplash/Jimena)

Mereka yang melakoni diet ini cenderung menghindari atau membatasi konsumsi makanan lain seperti daging, produk susu, dan produk olahan lainnya.

Penganut diet fruitarian percaya bahwa buah-buahan bisa memberikan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh, termasuk vitamin, mineral, serat, dan energi.

Baca Juga: Dijanjikan Cincin Berlian oleh Suami, Wanita Ini Sukses Turunkan 75 Kg

Sayangnya, keyakinan itu tak sepenuhnya benar. Pasalnya, ada berbagai nutrisi dan mineral yang tidak bisa ditemukan pada buah-buahan.

Bahaya Diet Fruitarian

Sebelum mencobanya, ketahui beberapa risiko yang mengancam kesehatan apabila diet fruitarian tidak dilakukan sesuai petunjuk dokter. Berikut beberapa di antaranya.

1. Memicu masalah pencernaan

Pola makan yang hanya mengandalkan buah-buahan bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti gangguan lambung, perut kembung, dan diare.

Tingginya kandungan serat dari buah-buahan juga bisa memicu rasa tidak nyaman pada pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

2. Masalah gula darah

Diet fruitarian juga disebut bisa menyebabkan fluktuasi gula darah yang tajam karena kandungan gula alami dalam buah-buahan. Kondisi ini akan memengaruhi energi, mood, dan bahkan berisiko mengembangkan masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2.

3. Mengganggu kesehatan mental

Keterbatasan variasi makanan pada diet fruitarian rupanya juga bisa menyebabkan stres mental, kecemasan, bahkan depresi. Kekurangan nutrisi tertentu juga akan memengaruhi kesehatan otak dan fungsi kognitif.

4. Penurunan berat badan secara ekstrem

Banyak orang diet demi bisa menurunkan berat badan. Walau begitu, diet fruitarian yang ekstrem bisa menyebabkan penurunan berat badan berlebihan, bahkan malnutrisi.

Bagaimanapun tubuh butuh nutrisi yang seimbang untuk menjaga kesehatan secara optimal. Penurunan berat badan yang terlalu drastis malah bisa membahayakan tubuh.

5. Kekurangan nutrisi

Baca Juga: Simak, yuk! Tips Mencapai Berat Badan Ideal Tanpa Mengalami Efek Yoyo

Diet fruitarian bisa membuat seseorang kekurangan nutrisi penting seperti protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B12. Buah-buahan tak memberikan nutrisi tersebut dalam jumlah cukup. Jika sampai kekurangan, fungsi tubuh akan terganggu hingga menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI