6 Cara Menjadi Dewasa Lahir Batin, Tak Ada Hubungannya dengan Urusan Ranjang

Bagaimana agar Anda bisa menjadi sosok yang dewasa? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 21 Agustus 2023 icon 15:15 WIB
6 Cara Menjadi Dewasa Lahir Batin, Tak Ada Hubungannya dengan Urusan Ranjang

Ilustrasi model. (Unsplash/Yoann Boyer)

Dewasa jelas bukan cuma perkara angka yang mewakili umur seseorang. Dewasa juga bukan soal apakah seseorang sudah punya pengalaman hubungan seks atau belum.

Tak jarang, ada orang yang lebih dewasa dari usianya atau malah sebaliknya. Anda dapat mengenali apakah seseorang sudah menjadi dewasa dengan beberapa cara mereka berpikir dan berperilaku.

Penasaran bagaimana cara menjadi dewasa yang tidak cuma sebatas usia? Dikutip dari Times of India berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar menjadi orang dewasa yang cukup baik.

Baca Juga: Merasa Belum Dewasa? Peneliti Ungkap Usia Sebenarnya untuk Menjadi Dewasa

Ilustrasi perempuan memakai baju hitam. (Pexels/Kara Muse)
Ilustrasi perempuan memakai baju hitam. (Pexels/Kara Muse)

1. Kendalikan emosi

Jangan sampai perasaan Anda mengambil alih tentang bagaimana Anda harus memperlakukan seseorang atau menghadapi sebuah kondisi. Oleh karenanya, penting untuk mengontrol emosi dalam berbagai situasi dan kondisi.

Bukan cuma saat merasakan emosi negatif seperti marah atau sedih, orang dewasa juga sebaiknya tak menunjukkan kebahagiaan secara berlebihan. Tunjukkan emosi secukupnya dan pastikan bahwa itu tak menyakiti orang lain.

Baca Juga: Waspada, Kekurangan Karbohidrat Bisa Memperpendek Usia

2. Kurangi terlalu banyak alasan

Ketika berbuat salah atau tak sesuai tujuan utama, tidak ada salahnya untuk mengakui hal tersebut, bukannya malah sibuk membuat banyak alasan.

Terlalu banyak alasan cuma akan membuat Anda menjadi lebih tersudut dan jadi orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, pastikan bahwa Anda selalu bertanggung jawab atas segala keputusan dan tindakan.

3. Banyak bersabar

Cara menjadi dewasa berikutnya adalah meningkatkan batas kesabaran. Ini karena sering kali kenyataan tak selalu berjalan sesuai rencana.

Hindari reaksi impulsif ketika kondisi tak diharapkan terjadi. Di sinilah, kesabaran sangat dibutuhkan. Ketenangan sebagai buah kesabaran adalah senjata andalan Anda dalam menghadapi kekacauan.

4. Maklumi perbedaan pendapat

Punya pemikiran berbeda dengan orang lain adalah hal wajar. Saat menghadapi situasi semacam itu, sudah sepatutnya Anda tetap menghargai pendapat tersebut tanpa memaksakan pemikiran Anda.

Pemikiran ini sering disebut agree to disagree, di mana perbedaan tak seharusnya menyebabkan hubungan Anda dengan orang lain terganggu.

5. Kurangi mengeluh

Mengeluh itu wajar, tapi jangan terlalu sering melakukannya. Jangan cuma mengeluh tanpa memikirkan cara keluar dari kondisi sulit tersebut.

Kebanyakan mengeluh kadang malah membuat fokus Anda terganggu. Selain itu, jangan terlalu sering menyalahkan diri sendiri atas segala sesuatu yang tak sesuai rencana.

6. Jangan keseringan mempermasalahkan hal-hal kecil

Baca Juga: Ini Lho, Selisih Umur Paling Ideal Bagi Pasangan Rumah Tangga

Tidak mudah mempermasalahkan hal-hal kecil juga menjadi salah satu cara menjadi dewasa. Sebab, permasalahan kecil ini kadang bisa membawa Anda ke masalah yang lebih besar. Selama masalah itu masih bisa ditoleransi, Anda tak perlu terlalu memusingkannya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI