7 Cara Memaafkan Suami Selingkuh, Harus Bagaimana jika Kesalahan yang Sama Terjadi Lagi?

Bagaimana cara memaafkan suami selingkuh? Jangan buru-buru ambil keputusan. Pertimbangkan beberapa hal berikut.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 22 Agustus 2023 icon 10:19 WIB
7 Cara Memaafkan Suami Selingkuh, Harus Bagaimana jika Kesalahan yang Sama Terjadi Lagi?

Ilustrasi pasangan selingkuh. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

Memaafkan suami yang ketahuan selingkuh jelas bukan perkara mudah. Bagaimanapun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memaafkan perselingkuhan.

Bagaimana Cara Memaafkan Suami Selingkuh?

Merangkum laman Marriage, di bawah ini adalah berbagai cara dan dapat Anda pertimbangkan untuk memaafkan suami selingkuh.

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Selingkuh dari Pasangan Sah, Pertanda Diam-Diam Ingin Main Api?

Bicarakan masalah dengan tenang

Walau sulit, cobalah untuk bicara dengan suami Anda dalam suasana yang tenang soal perselingkuhan itu. Sampaikan perasaan Anda dengan jujur, termasuk tentang kekecewaan yang Anda rasakan. Sebisa mungkin hindari pertengkaran sengit yang dapat memburuk situasi.

Ilustrasi cemburu melihat pasangan selingkuh. (Shutterstock)
Ilustrasi cemburu melihat pasangan selingkuh. (Shutterstock)

Pahami alasan perselingkuhan

Baca Juga: Waspada! Perhatikan 5 Tanda Pasangan Selingkuh dengan Rekan Kerja

Tidak ada salahnya coba memahami apa yang mungkin mendorong suami selingkuh. Ini bukan berarti Anda akan membenarkan tindakannya, tapi bisa membantu Anda masalah dari berbagai sudut pandang.

Pikirkan masa depan

Sebelum memutuskan minta cerai gara-gara suami selingkuh, pertimbangkan kembali bagaimana masa depan yang Anda inginkan. Pastikan Anda mampu menjalani hari-hari berikutnya tanpa dia. Pastikan juga memiliki sahabat atau kerabat dekat yang bisa diandalkan selama masa pemulihan.

Buat kesepakatan

Ini juga penting sebelum memutuskan untuk memaafkan suami selingkuh. Perselingkuhan sangat mungkin terulang, jadi buat kesepatan khusus dengan pasangan. Pastikan "hukuman" apa yang akan Anda berikan jika pasangan mengulangi kesalahan yang sama.

Ambil waktu sendiri

Mengetahui pasangan selingkuh bisa membuat seseorang merasa sangat terpukul.  Tidak ada salahnya untuk menepi sementara waktu. Anda perlu memenangkan diri sendiri terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah memahami kondisi yang ada dan bijak mencari solusi terbaik.

Jaga komunikasi

Setelah cukup tenang, usahakan untuk tetap menjaga komunikasi dengan pasangan. Sengan begitu, Anda bisa menjadi lebih terdorong menyelesaikan permasalahan yang ada.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Tidak apa-apa jika Anda butuh bantuan psikolog atau psikiater untuk membantu Anda mengatasi kekecewaan yang ada.

Jangan buru-buru

Baca Juga: Viral Curhatan Wanita soal Suami yang Tak Mau Urus Anak, Bikin Warganet Geram

Meski rasanya ingin segera mengakhiri fase buruk setelah mendapati pasangan selingkuh, penting untuk tidak melakukannya secara buru-buru. Gegabah mengambil keputusan justru dikhawatirkan dapat menyebabkan kekecewaan di kemudian hari.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI