Rajin Jalan Kaki Efektif Menurunkan Berat Badan, Kuncinya 6 Tips Ini: Minimal 30 Menit!

Ingin menurunkan berat badan tapi tidak mau melakukan olahraga yang terlalu berat? Jalan kaki, yuk!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 23 Agustus 2023 icon 09:50 WIB
Rajin Jalan Kaki Efektif Menurunkan Berat Badan, Kuncinya 6 Tips Ini: Minimal 30 Menit!

Membiasakan hidup sehat dengan berjalan kaki. (Unsplash/Katy Belcher)

Ingin menurunkan berat badan tapi merasa tidak sanggup melakukan olahraga berat? Anda bisa memulai kebiasaan olahraga dengan jalan kaki.

Tak cuma menurunkan berat badan, jalan kaki yang dilakukan secara rutin dan benar juga akan memberikan manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Walau begitu, tentu saja Anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan.

Tips Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Baca Juga: Berhasil Diet hingga Turunkan 37 Kilogram, Saykoji Ungkap Kehidupan Ranjang Jadi Lebih Mantap

Dirangkum dari Medical News Today, inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat berjalan kaki untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

1. Waktu minimal jalan kaki

Untuk menurunkan berat badan secara efektif, Anda setidaknya perlu berjalan kaki selama 30-60 menit setiap hari atau minimal lima hari dalam sepekan. Konsistensi adalah kunci utama untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Baca Juga: 4 Zodiak Paling Malas Olahraga, Sukanya Cuma Santai-Santai dan Rebahan

2. Jumlah langkah

Walau awalnya terasa berat, usahakan untuk bisa berjalan kaki hingga 10.000 langkah atau kurang lebih 7,5 km setiap hari. Anda tak perlu memenuhi target ini dalam sekali jalan, melainkan dapat membaginya menjadi jalan pagi dan sore hari.

Anda bisa menggunakan bantuan alat pelacak yang kini sudah banyak tersedia dalam bentuk aplikasi untuk memantau jumlah langkah Anda dalam sehari.

3. Pilih rute jalan yang menanjak

Sesekali cobalah jelajahi lingkungan sekitar Anda. Cari rute jalan yang beragam, termasuk jalan setapak atau jalan yang menanjak untuk memperoleh variasi dalam latihan Anda.

Kalau merasa bosan, Anda juga dapat memilih rute jalan kaki baru di sekitar Anda. Namun, sebisa mungkin pilih yang rutenya tidak selalu datar.

4. Perhatikan postur

Tips mendapatkan manfaat jalan kaki untuk menurunkan berat badan berikutnya adalah menjaga postur tubuh ketika berjalan.

Usahakan kepala Anda tetap tegak tegak, bahu rileks, dan perhatikan setiap langkah Anda. Ini akan membantu Anda mengoptimalkan efektivitas gerakan dan mencegah cedera.

5. Pakai baju berlapis

Coba kenakan pakaian berlapis tetapi tetap nyaman untuk jalan kaki. Pakaian berlapis ini akan menambah beban Anda ketika berjalan sehingga olahraga Anda semakin optimal.

Selain pilihan busana, Anda juga bisa membawa beban ringan seperti dumbbell atau menggunakan tas punggung berisi beban tambahan saat olahraga.

6. Jalan bersama orang terdekat

Baca Juga: Ketahui Efek Makan Kentang Setiap Hari, Bisa Bahaya jika Cara Masaknya Salah

Anda mungkin bosan jika harus jalan kaki sendirian selama sejam penuh. Solusinya, sesekali ajaklah teman atau keluarga untuk bergabung dengan Anda dalam rutinitas jalan kaki. Buat sesi olahraga ringan Anda menjadi lebih menyenangkan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI