Hasil Survei: 60 Persen Lajang di Indonesia Menghadapi Tekanan untuk Segera Menikah dari Keluarga Sendiri

Angka tersebut jauh lebih tinggi dibanding hasil survei dua tahun sebelumnya yang hanya sekitar 29 persen.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 31 Agustus 2023 icon 17:53 WIB
Hasil Survei: 60 Persen Lajang di Indonesia Menghadapi Tekanan untuk Segera Menikah dari Keluarga Sendiri

Ilustrasi Pasangan (Pexels/Tan Danh)

Tinggal bersama orang tua sebelum menikah adalah hal yang biasa di Indonesia. Namun, apakah para lajang merasa nyaman? Bagaimana hal tersebut mempengaruhi perjalanan kencan mereka?

Berdasarkan survei tahunan yang diadakan oleh Lunch Actually, ditemukan bahwa 60 persen lajang merasakan tekanan dari keluarga untuk menikah, lebih tinggi dibandingkan dua tahun lalu yang mencapai 29 persen.

Sebanyak 58 persen dari responden juga merasa bahwa mereka mendapatkan tekanan yang lebih besar dari masyarakat untuk menikah dibandingkan dua tahun lalu di angka 31 persen.

Baca Juga: Beri Pesan Menyentuh usai Minta Izin Bawa Orang Baru, Intip 5 Potret Kebersamaan Larissa Chou Bareng Anak

Urusan percintaan dapat terpengaruh secara signifikan saat seseorang tinggal bersama orang tua. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Privasi yang terbatas

Tinggal bersama orang tua sering kali mengakibatkan kurangnya privasi, membuat urusan percintaan dan berpacaran menjadi sulit. Contohnya, sulit untuk membawa pacar ke rumah atau menikmati waktu tanpa gangguan saat ingin berdua.

Baca Juga: 5 Masalah Ini Sering Bikin Pernikahan di Ujung Tanduk, Jangan Diabaikan!

Kurang mandiri

Orang dewasa yang tinggal bersama orang tuanya mungkin merasa kurang mandiri. Ini mungkin juga berdampak pada kepercayaan diri dan penilaian mereka saat berkencan.

Terbatasnya waktu untuk bersosialisasi

Kesempatan untuk bertemu calon pasangan mungkin terhambat jika orang tua menerapkan peraturan yang ketat atau jam malam.

Tantangan dalam berkomunikasi

Stres dan tekanan dalam hubungan dapat disebabkan oleh masalah komunikasi dengan orang tua perihal berpacaran.

Persepsi pasangan

Kekhawatiran atau asumsi calon pasangan tentang seseorang yang tinggal bersama orang tuanya dapat berdampak pada kelancaran berhubungan.

Perencanaan jangka panjang

Jika tinggal bersama orang tua merupakan rencana jangka panjang, hal ini dapat mempengaruhi keputusan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Meski begitu, tinggal bersama orang tua sebelum menikah juga memiliki berbagai kelebihan. Apa saja?

Dukungan emosional

Tinggal bersama orang tua dapat memberikan dukungan emosional dan rasa aman. Hal ini bisa sangat membantu untuk melalui suka dan duka dalam berpacaran.

Hemat secara finansial

Para lajang memiliki kesempatan untuk menabung lebih banyak sehingga tujuan jangka panjang seperti pembayaran utang, membeli rumah sendiri, dan lainnya, diharapkan bisa tercapai lebih cepat.

Nilai kebudayaan dalam keluarga

Hubungan baik dalam multigenerasi dan ikatan keluarga sangat dihargai di banyak budaya. Mempertahankan budaya sebuah keluarga dan membangun ikatan kekeluargaan dapat terjaga dengan baik jika tetap tinggal bersama orang tua.

Bakti kepada orang tua

Tinggal bersama orang tua dapat memudahkan dalam merawat dan mendukung mereka jika mereka sudah lanjut usia atau membutuhkan bantuan.

Jejaring sosial

Tinggal bersama orang tua juga memberikan peluang untuk mendapatkan jejaring sosial yang lebih luas. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pengembangan pribadi dan profesional, selama jaringan sosial orang tua juga cukup luas.

Komunikasi yang terbuka dengan orang tua dan calon pasangan sangat penting untuk mengatasi tantangan ini.

"Penting untuk dipahami bahwa keputusan untuk tinggal bersama orang tua saat dewasa adalah pilihan pribadi dan dapat sangat bervariasi tergantung pada keadaan individu dan tradisi budaya," ungkap Violet Lim, CEO dan Co-Founder dating agency terbesar di Asia, Lunch Actually, dikutip dari siaran pers.

Baca Juga: Saksikan Pacarnya Menikah karena Perjodohan, Video Pria Ini Menjadi Viral

Violet menyarankan para lajang untuk memutuskan dengan bijak mengenai keputusan tentang tempat tinggal. Jika lebih memilih tinggal bersama orang tua, sebaiknya mereka tidak merasa stres meski ada tekanan dari keluarga untuk menikah.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI