Registrasi Peserta Local Media Summit 2023 Dibuka Mulai Hari Ini, Ayo Daftar!

Suara.com dan International Media Support (IMS) siap menggelar Local Media Summit 2023, pertemuan tahunan para pengelola media lokal se-Indonesia pada 11-12 Oktober 2023 mendatang.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 02 September 2023 icon 10:51 WIB
Registrasi Peserta Local Media Summit 2023 Dibuka Mulai Hari Ini, Ayo Daftar!

Para peserta berfoto bersama saat penutupan Local Media Summit 2022 di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Setelah meraih sukses pada Oktober 2022, pertemuan puncak para pengelola media lokal di Indonesia bertajuk Local Media Summit (LMS) bakal kembali dihelat. Agenda tahunan yang diinisiasi Suara.com bersama International Media Support (IMS) ini pun sudah mulai membuka registrasi peserta.

Masih terkait dengan perkembangan teknologi dan bisnis media digital, Local Media Summit 2023 bakal digelar dengan kemasan yang lebih baik dan lebih bermanfaat bagi para peserta. Menurut rencana, LMS 2023 akan diselenggarakan di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta Pusat, pada 11-12 Oktober 2023.

CEO PT Arkadia Digital Media Tbk yang juga Pemimpin Redaksi Suara.Com, Suwarjono mengungkapkan bahwa agenda LMS 2023 akan memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai industri media digital kekinian.

Baca Juga: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki Apresiasi Peluncuran "Pasar Lokal Suara UMKM"

"Sehingga akan mendekatkan kesenjangan teknologi dan bisnis media digital lokal dengan nasional. Kemudian peserta juga akan mendapatkan update situasi bisnis media dan platform global, serta networking sesama media, juga dengan stakeholder dan platform global," ungkapnya.

Pimpinan Redaksi Suara.com, Suwarjono beserta IMS membuka penyelenggaraan Local Media Summit (LMS) 2022 di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (27/10/2022).
Pimpinan Redaksi Suara.com, Suwarjono beserta IMS membuka penyelenggaraan Local Media Summit (LMS) 2022 di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (27/10/2022). [Suara.com]

Sementara itu, Program Manager IMS Indonesia, Eva Danayanti mengungkapkan bahwa banyak hal yang berbeda dibanding event LMS tahun sebelumnya. Misalnya, salah satu pembahasan tahun ini adalah peluang bagi media lokal untuk meraih pendanaan lewat pasar modal maupun investor global.

"Untuk itu, LMS 2023 akan membekali para pengelola media lokal untuk melakukan inovasi yang dapat memikat investor," ucapnya.

Baca Juga: RUPS Sahkan Susunan Baru Direksi, Pendapatan Arkadia Digital Media Naik 30 Persen

Eva juga mengatakan, penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk media lokal akan menjadi topik yang turut dibahas di ajang LMS 2023. "Kami ingin mendukung media lokal meningkatkan kualitas dan kuantitas kontennya dengan penggunaan AI," tuturnya.

Anggota Dewan Pers Sapto Anggoro saat menjadi pembicara dalam workshop bertemakan "Reinventing Local Media: Finding opportunities and overcoming the challenges" saat Local Media Summit 2022 di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]
Anggota Dewan Pers Sapto Anggoro saat menjadi pembicara dalam workshop bertemakan "Reinventing Local Media: Finding opportunities and overcoming the challenges" saat Local Media Summit 2022 di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Akhir Oktober 2022 lalu, Suara.com dan IMS sukses menggelar Local Media Summit perdana. Diikuti oleh hampir 200 perwakilan media lokal dari seluruh Indonesia dan stakeholder lainnya yang hadir langsung, plus hampir 100 peserta yang bergabung secara online, acara yang dipusatkan di Gedung Perpustakaan Nasional di Jakarta itu disambut antusias para peserta. Antusiasme itu pulalah yang memastikan bahwa LMS 2023 ini akhirnya kembali digelar.

Local Media Summit sendiri merupakan puncak pertemuan para pengelola media lokal di Indonesia yang digelar setiap tahun. Sebelum menuju pertemuan puncak ini, Suara.Com dan IMS lewat Program Startup for Media Startup (SMS) menghelat berbagai kegiatan. Di antaranya adalah workshop bisnis media, pendampingan untuk media lokal, coaching clinic, hingga event-event kolaborasi berbagai media lokal, termasuk gelaran Jatim Media Summit 2023 dengan tuan rumah BeritaJatim.com pada Mei lalu.

Baca Juga: Meluncurkan Platform Video Clickmov, Arkadia Digital Media Siapkan Monetisasi Baru

Pendaftaran untuk peserta Local Media Summit 2023 sudah dibuka sejak 1 September 2023 yang akan berlangsung hingga akhir bulan. Namun, khusus bagi media lokal yang membutuhkan dukungan biaya, hanya akan dibuka sampai 15 September 2023. Untuk program dan informasi lainnya, bisa dicek update-nya secara berkala di laman resmi Local Media Summit.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI