Cara Mengecilkan Perut Buncit, Dokter Zaidul Akbar: Cuma 7 Hari Tanpa Olahraga

Dokter Zaidul Akbar berbagai cara mengecilkan perut buncit yang mudah dan efektif. Metode apa yang harus dilakukan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 02 September 2023 icon 10:03 WIB
Cara Mengecilkan Perut Buncit, Dokter Zaidul Akbar: Cuma 7 Hari Tanpa Olahraga

Ilustrasi kemeja kekecilan karena perut buncit. (Shutterstock)

Banyak orang mengeluhkan masalah perut buncit. Selain dapat memicu berbagai masalah kesehatan, kondisi ini juga sering dianggap mengganggu penampilan sehingga mengurangi rasa percaya diri.

Kamu punya perut buncit dan bingung cara mengatasinya? Jika iya, kamu mungkin bisa mencoba metode yang dibagikan dr Zaidul Akbar.

Pada video yang diunggah akun TikTok resepjrrzaidulakbar, dr Zaidul Akbar menerima pertanyaan mengenai cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga.

Baca Juga: 4 Bahan Kimia Berbahaya Ini Jangan Sampai Ada di Produk Perawatan Andalanmu

Sembari tersenyum, dr Zaidul Akbar yang merupakan pendakwah sekaligus ahli kesehatan ini mengungkapkan bahwa salah satu penyebab perut buncit adalah lemak yang menumpuk di area tersebut. Kondisi itu terjadi karena konsumsi makanan yang memiliki kandungan glukosa tinggi dan tidak digunakan oleh tubuh.

"Jadi ya nasi itu glukosa, tepung juga glukosa, gula pasir juga ada glukosanya. Badan kita sekarang sudah dipenuhi dengan glukosa yang sayangnya menjadi lemak. Pasalnya glukosa yang dimakan tetapi tidak digunakan oleh tubuh akan berubah jadi glikogen. Glikogen yang tidak terpakai inilah yang akan berubah menjadi lemak," ungkap dr Zaidul Akbar.

"Glukosa kalau dimakan dan tidak tercerna dengan baik oleh tubuh akan berubah jadi glikogen. Nah, glikogen juga sama. Kalau tidak tercerna dengan baik, makan akan jadi lemak," imbuhnya.

Baca Juga: Cegah Masalah Kulit, Dokter Sarankan Ganti Masker Setiap 4 Jam

Dia juga memaparkan bahwa salah satu cara terpenting untuk mengecilkan perut adalah mengubah pola makan, terutama mengurangi makanan kaya karbohidrat.

Dokter Zaidul Akbar juga menyebut bahwa penumpukan lemak tak cuma berpengaruh pada penampilan. Lemak perut itu juga bisa mengganggu keperkasaan seorang pria.

Baca Juga: Langsung Cek, yuk! Ketahui Risiko Masalah Kesehatan Berdasarkan Zodiak

Dia kemudian menyarankan untuk mengatasi perut buncit dengan 7 Days Challenge JSR (Jurus Sehat Rasulullah). Ini adalah program pola makan sehat selama tujuh hari dengan cara menghentikan konsumsi beberapa makanan seperti nasi putih, makanan berbahan dasar tepung, gula pasir, dan makanan yang digoreng.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI