Hasil Survei: 72 Persen Orang Indonesia Pakai E-wallet untuk Pembayaran Belanja via E-Commerce

Ada begitu banyak orang yang mengandalkan e-wallet sebagai pilihan metode pembayaran dalam e-commerce.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 06 September 2023 icon 14:09 WIB
Hasil Survei: 72 Persen Orang Indonesia Pakai E-wallet untuk Pembayaran Belanja via E-Commerce

Ilustrasi Belanja Online (Pexels/SHVETS Production)

Seiring perkembangan dunia digital, masyarakat semakin tertarik pada pengalaman belanja yang mudah dalam platform e-commerce. Kemudahan mencari berbagai macam barang hanya dengan browsing dan melakukan pembelian tanpa meninggalkan kenyamanan rumah, benar-benar telah mengubah cara masyarakat berbelanja.

Kecepatan transaksi dinilai sangat sesuai dengan gaya hidup masyarakat Indonesia modern yang serba cepat. 

Setiap tahun, Jakpat melakukan survei untuk memahami tren ini. Pada semester pertama 2023, survei dilakukan kepada 1485 responden, yakni mengenai tren penggunaan e-commerce sebagai media berbelanja.

Baca Juga: 5 Cara Menerapkan Frugal Living, Hidup Super Hemat tapi Bukan Pelit

Ilustrasi pria belanja online. (Pixabay/Hannes Edinger)
Ilustrasi pria belanja online. (Pixabay/Hannes Edinger)

Survei dilakukan sepanjang bulan Februari hingga Mei 2023. Sasarannya adalah memahami perilaku masyarakat dalam belanja online, penggunaan e-commerce, serta strategi marketing yang digunakan baik platform e-commerce maupun penjual dalam platform tersebut

Laporan Jakpat menunjukkan bahwa 88 persen dari online shopper melakukan transaksi di semester pertama 2023 ini. Sebanyak 72 persen responden yang telah melakukan pembelian dalam e-commerce menggunakan e-wallet atau digital wallet sebagai pilihan metode pembayaran. Diikuti pembayaran menggunakan COD di posisi kedua, lalu mobile banking/Internet banking, paylater di posisi keempat, hingga transfer ATM.

Tidak hanya kecepatan dan kemudahan, adanya jaminan kredibilitas pedagang online terkemuka dalam menjaga kualitas produk, keamanan transaksi, dan layanan pelanggan yang dapat diandalkan, juga telah membangun rasa kepercayaan pada konsumen Indonesia.

Baca Juga: 5 Tipe Pembeli Belanja Online, Mulai Pemburu Diskon hingga Pelanggan Setia

"Kemudahan, kecepatan, dan kredibilitas penjual membuat aktivitas belanja online masih menjadi hal yang menarik bagi masyarakat Indonesia," ungkap Aska Primardi, Head of Research Jakpat, dikutip dari siaran pers.

Baca Juga: Brand House City Concept Bikin Belanja Semakin Seru, Ini Alasannya

"Ketiga value itu nampaknya mulai bisa menggantikan value diskon yang memang dirasakan mulai berkurang sejak tahun lalu. Value inilah yang saat ini terlihat menjadi standar minimum pelayanan yang dimiliki oleh mayoritas e-commerce," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI