Hasil Survei: 89 Persen Gen Z Pakai OTT Streaming Platform untuk Menonton Film

OTT Streaming Platform menjadi media hibungan andalan banyak orang, terutama Gen Z.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 09 September 2023 icon 05:15 WIB
Hasil Survei: 89 Persen Gen Z Pakai OTT Streaming Platform untuk Menonton Film

Ilustrasi nonton Netflix. (Unsplash/Thibault)

Aktivitas hiburan seperti menonton film dan lainnya yang dapat diakses dari perangkat mobile atau smartphone dan media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut telah mengubah cara banyak orang mengonsumsi hiburan dan berhubungan dengan orang lain.

Survei Jakpat tentang tren penggunaan mobile entertainment dan media sosial pada ada semester pertama 2023 dilakukan kepada 1640 pengguna smartphone dan 1646 pengguna media sosial.

Laporan survei Jakpat menyoroti tentang penggunaan over-the-top (OTT) streaming platform seperti Vidio, Netflix, atau Disney+ Hotstar, sebagai salah satu media hiburan yang dapat diakses oleh pengguna smartphone.

Baca Juga: 12 Akun Instagram Inspiratif Anti Mati Gaya, Fashion Junkies Harus Tahu!

Hasilnya, sebanyak 89 persen pengguna dari Gen Z, menggunakan OTT streaming platform untuk menonton film, 76 persen untuk menonton serial, 23 persen untuk menonton pertandingan olahraga, dan 21 persen untuk menonton reality/variety show

Ilustrasi perempuan menonton drama romantis. (Unsplash/Andrew Neel)
Ilustrasi perempuan menonton drama romantis. (Unsplash/Andrew Neel)

Untuk dapat menikmati konten dari OTT streaming platform, umumnya pengguna perlu membayar biaya berlangganan. Sebanyak 31 persen pengguna Gen Z mengaku tidak keberatan untuk membayar biaya langganan agar terbebas dari iklan yang mengganggu.

Jakpat juga menyoroti penggunaan audio streaming platform sebagai sarana mendengarkan musik dan siniar. Berbeda dengan OTT streaming platform, mayoritas pengguna ternyata lebih memilih untuk mendengarkan musik secara gratis dan tidak keberatan dengan iklan. Bahkan, 27 persen di antara pengguna yang telah membayar biaya berlangganan, membayar lebih sedikit dibandingkan tahun lalu untuk platform-platform audio streaming.

Baca Juga: Makin Dekat dengan Audiens Perempuan, Ini Peran TikTok dalam Membangun Bisnis

Hiburan lain yang bisa didapatkan dari smartphone adalah media sosial. Laporan Jakpat menunjukkan bahwa 36 persen dari pengguna mengakses media sosial agar tidak merasa tertinggal dari berita atau tren baru saat ini. Media sosial juga masih berperan dalam mempengaruhi perilaku konsumen, melalui konten iklan dan ulasan.

Instagram dinilai oleh 25 persen pengguna sebagai media sosial yang paling informatif. Sebanyak 34 persen pengguna juga merasa bahwa Instagram adalah media sosial yang paling cocok untuk menemukan produk, jasa, atau katalog.

Berdasarkan laporan Jakpat kali inim tren penggunaan mobile entertainment dan media sosial cenderung menurun dari tahun sebelumnya.

"Hampir semua media sosial mengalami penurunan jumlah pengguna. Seperti TikTok dan Twitter, angkanya cenderung stagnan dari tahun lalu. Hal yang sama juga terjadi pada OTT streaming platform. Masyarakat memang masih mengakses konten, namun ada indikasi bahwa mereka mengurangi jumlah platform yang mereka gunakan, atau memilih untuk fokus pada salah satu OTT streaming platform," kata Aska Primardi, Head of Research Jakpat, dikutip dari siaran pers.

Menurut Aska, ada pula kemungkinan bahwa kondisi ini dipengaruhi tren de-influencing, di mana influencer, atau dalam hal ini de-influencer, memberi saran untuk tidak menggunakan sebuah produk atau jasa.

"Riset Jakpat kali menunjukkan bahwa hanya sekitar 50% masyarakat yang saat ini masih percaya dengan ulasan dari influencer dan selebriti," tambahnya.

Baca Juga: Kenapa Pasangan Suka Pamer Kemesraan di Media Sosial? 4 Hal Ini Mungkin Jadi Penyebabnya

Aska juga mengatakan, "Seiring dengan diakhirinya masa pandemi, durasi masyarakat bisa mengakses mobile entertainment dan media sosial memang menurun di tahun 2023 ini."

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI