Apa Itu Cegil? Istilah Unik yang Viral di Media Sosial

Sering mendengar istilah yang ramai disebut di media sosial? Tahukah kamu apa arti cegil?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 09 September 2023 icon 16:44 WIB
Apa Itu Cegil? Istilah Unik yang Viral di Media Sosial

Ilustrasi perempuan dengan riasan natural (Freepik/benzoix)

Kamu mungkin sudah tahu tentang istilah cegil yang ramai di media sosial. Namun, tahukah kamu apa arti kata dalam bahasa gaul tersebut?

Bahasa gaul tentu saja sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya, bahasa gaul datang dari beberapa plesetan istilah yang dimaknai secara anyar untuk dipakai dalam pergaulan.

Bahasa gaul juga bisa berasal dari serapan kata asing seperti bahasa Inggris atau malah bahasa daerah. Bisa juga muncul dari singkatan dengan makna baru.

Baca Juga: Apa Itu Deep Talk? Ini 5 Manfaat Obrolan Mendalam dengan Pasangan

Istilah cegil yang belakangan viral di media sosial juga begitu. Kata tersebut kerap diketik warganet dalam kolom komentar hingga membikin banyak orang penasaran apa artinya.

Apa Itu Cegil?

Dirangkum dari berbagai sumber, cegil adalah singkatan dari kata 'cewek' dan 'gila' yang dipakai untuk mengejek seseorang. Penggunaan kata cegil bisa memiliki dua makna, yakni guyonan atau mengomentari hal yang lebih serius.

Baca Juga: Istilah Duck Syndrome Viral di TikTok, Apa Itu?

Kata cegil bisa dipakai sebagai candaan saat kamu memberi komentar pada orang yang sudah dikenal akrab atau mengomentari konten-konten lucu seperti guyonan atau parodi.

Namun, jika cegil ditujukan pada orang yang tak dikenal, terlebih di kolom komentar unggahan sensitif, hal ini bisa memancing emosi seseorang. Cegil menjadi bermakna negatif dan bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Bagaimana cara menggunakan istilah cegil yang tepat agar tidak menyinggung perasaan orang lain?

Pertama, perhatikan jenis unggahan yang akan kamu komentari. Jika mengandung konten sensitif, lebih baik hindari penggunaan kata ini. Pilih istilah lain yang maknanya lebih sopan.

Kedua, perhatikan siapa yang mengunggah konten. Apakah kamu benar-benar mengenal sosoknya secara personal sehingga yakin komentarmu tidak menyinggung perasaannya?

Selanjutnya, perhatikan apakah konten itu melibatkan orang lain. Bahkan jika itu diunggah temanmu sendiri, kamu kamu harus tetap menjaga perasaan orang lain yang berkaitan dengan konten tersebut.

Baca Juga: Cara Efektif Mengencangkan Kulit Wajah, Apa Itu Teknologi Ultrasound?

Selain itu, perhatikan situasinya. Apakah memungkinkan atau cukup aman untuk memberi komentar cegil di sana? Hindari berkomentar seperti itu dalam konten musibah atau bencana.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI