5 Cara Merawat Miss V yang Benar untuk Menghindari Keputihan

Masalah keputihan yang terasa mengganggu bisa dicegah dengan menerapkan beberapa cara merawat miss V yang benar.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 12 September 2023 icon 14:56 WIB
5 Cara Merawat Miss V yang Benar untuk Menghindari Keputihan

Ilustrasi Miss V. (Shutterstock)

Menjaga kebersihan dan kesehatan Miss V sangat penting untuk mencegah risiko infeksi, keputihan, dan penyakit lainnya. 

Sayangnya, selama ini masih banyak orang yang tidak terlalu mementingkan kebersihan organ intim. Tak sedikit pula yang mengira bahwa menjaga Miss V cukup hanya dengan dibasuh air biasa saat mandi.

Nyatanya, ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk menjaga vagina supaya tidak mengalami keputihan. Dirangkum dari Alodokter, berikut cara menjaga dan merawat Miss V untuk menghindari keputihan.

Baca Juga: Tren Vabbing Viral di TikTok, Jadikan Cairan Miss V sebagai Pengganti Parfum

Membersihkan miss V dengaan cara yang benar

Tahu cara membersihkan vagina yang benar adalah salah satu kunci untuk terhindar dari keputihan. Setiap selesai buang air, basuh area organ intim dengan air bersih dan keringkan menggunakan tisu dari arah belakang ke depan.

Jangan pakai sabun yang mengandung parfum untuk membersihkan miss V. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan iritasi.

Baca Juga: Cegah Bau Tak Sedap pada Miss V, Coba Konsumsi 5 Asupan Ini

Menjaga miss V tetap kering

Pakai handuk bersih atau tisu lembut untuk mengeringkan area vagina. Hal ini supaya kelembapan vagina tetap terjaga serta mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri.

Pilih celana dalam berbahan katun dan tidak ketat

Pemilihan celana dalam juga sangat penting untuk menjaga kesehatan miss V. Celana dalam katun bisa menyerap keringat dan menghindari kelembapan berlebih.

Pakaian dalam sebaiknya juga dicuci dengan sabun khusus yang mengandung sedikit detergen. Penting juga untuk mengganti celana dalam secara teratur.

Menggunakan pembalut tanpa pewangi

Vagina mempunyai kulit yang sangat sensitif sehingga pembalut dengan pewangi bisa memicu iritasi hingga menyebabkan keputihan. Gantilah pembalut setiap 3-4 jam sekali supaya tidak infeksi dan mencegah aroma miss V tidak sedap.

Jangan sembarangan coba-coba perawatan tradisional

Ratus dan gurah vagina diyakini baik untuk merawat organ intim. Sayangnya, belum ada studi ilmiah yang menyatakan bahwa perawatan tersebut efektif menyehatkan organ kewanitaan. Uap dan asap panas pada ratus malah berisiko menimbulkan iritasi hingga luka bakar pada miss V.

Baca Juga: Ini Pentingnya Membersihkan Miss V, Berikut 4 Waktu yang Paling Tepat!

Itulah sejumlah cara merawat Miss V yang benar untuk menghindari keputihan. Selalu ingat bahwa kesehatan dan kebersihan vagina adalah hal penting yang tidak boleh diabaikan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI