7 Trik Menahan Air Mata, Begini Caranya agar Kamu Tidak Mudah Menangis

Takut dibilang cengeng karena terlalu gampang menangis? Coba bebarapa tips di bawah ini untuk mengendalikan emosimu.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 16 September 2023 icon 16:59 WIB
7 Trik Menahan Air Mata, Begini Caranya agar Kamu Tidak Mudah Menangis

Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Luiz Galves)

Menangis termasuk cara mengekspresikan emosi dan itu wajar. Meski begitu, kadang ada momen di mana kamu berusaha mencoba berbagai cara agar tidak mudah menangis, misalnya saat bekerja di kantor atau berdiri di depan banyak orang.

Dilansir dari Psych Central, berikut adalah beberapa tips yang bisa coba diterapkan agar kamu bisa menahan air mata dalam situasi tertentu.

Latihan pernapasan

Baca Juga: Jangan Abaikan 5 Tanda Self Gaslighting, Mau Sampai Kapan Selalu Menyalahkan Diri Sendiri?

Ketika stres, menangis merupakan salah satu cara tubuhmu melepaskan energi negatif tersebut. Namun jika perlu menahannya untuk beberapa saat, cobalah menerapkan teknik pernapasan sederhana.

Ambil napas secara perlahan, hitung sampai 8–10 ketukan, kemudian tahan di dalam perut. Metode ini bakal membantu saraf parasimpatis menjadi lebih tenang sehingga memungkinkan air mata bisa ditahan.

Memijat sesuatu

Baca Juga: Orang tua, Coba 4 Aktivitas Ini Agar Perkembangan Emosi Anak Usia Dini Optimal!

Coba salurkan emosimu pada benda yang bisa segera kamu jangkau. Caranya, ambil barang di dekatmu dan tekan-tekan benda tersebut.

Usahakan untuk memilih benda-benda berukuran kecil seperti koin, bola bekel, atau penjepit rambut. Langkah kecil biasanya lumayan efektif untuk menyalurkan rasa ingin menangis karena gelisah.

Alihkan perhatianmu

Jika kamu ingin menangis saat menonton film, cara terbaik untuk mencegahnya tentu saja dengan menjauhkan pandangan dari film tersebut. Alihkan perhatian dari sesuatu yang membuatmu menangis adalah cara paling jitu untuk menahan air mata keluar.

Sementara itu, apabila kamu ingin menahan tangis saat sedang berbicara dengan seseorang, hindari melihat mata orang itu secara langsung.

Terapkan teknik 5-4-3-2-1

Ini akan membuat indera fokus pada hal tertentu sehingga kamu sejenak bisa melupakan emosi yang ada.

Caranya, fokus pada lima benda yang dapat kamu lihat, empat benda yang bisa disentuh, tiga hal yang dapat didengar, dua hal yang bisa dicium, dan satu hal yang bisa kamu icipi. Teknik ini akan membuat inderamu terfokus pada kondisi sekitar, alih-alih perasaan dalam hatimu.

Ucapkan mantra afirmasi positif

Tangisan yang ingin ditahan biasanya adalah buah emosi negatif. Untuk mengendalikan emosimu, coba ucapkan afirmasi positif pada dirimu sendiri layaknya matra.

"Semua akan berlalu, kamu pasti mampu mengatasinya."

"Ini memang melelahkan, tapi sebentar lagi akan usai."

Mendongakkan kepala

Ini bisa dibilang cara yang paling mudah dan akan bekerja layaknya gravitasi. Selain mendongakkan kepala, kamu juga bisa menahan diri untuk tidak sering berkedip agar air mata yang sudah menggenang tak jatuh begitu saja.

Jangan menyangkal emosi yang ada dalam dirimu

Baca Juga: Pacar Minta Putus sebelum Naik Pesawat, Viral Penumpang Ini Menangis di Pelukan Pramugari

Menangis adalah hal normal. Kalau sudah tak sanggup menahannya, tidak ada salahnya untuk membiarkan air matamu keluar. Jika tak mau dilihat banyak orang, kamu bisa mengambil waktu untuk menyendiri dulu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI