7 Ciri Hubungan Asmara yang Dipaksakan, Rawan Berantem hingga Kandas

Apa saja ciri hubungan asmara yang dipaksakan? Apakah hubungan seperti itu layak dipertahankan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 19 September 2023 icon 12:31 WIB
7 Ciri Hubungan Asmara yang Dipaksakan, Rawan Berantem hingga Kandas

Ilustrasi hubungan yang dipaksakan. (Pixabay/Free-Photos)

Banyak orang berharap menemukan kebahagiaan dalam hubungan asmara yang dijalani. Namun, apa yang didapat justru bisa saja malah sebaliknya jika ternyata menjalani hubungan itu dengan terpaksa.

Dalam hubungan yang dipaksakan, salah satu atau kedua pihak tetap memutuskan bersama walau jauh di lubuk hati, keduanya tahu betul bahwa hubungan mereka tidak akan berhasil.

Memaksakan diri untuk menerima seseorang atau memaksa seseorang untuk mencintaimu tidak akan pernah berakhir baik. Lalu, seperti apa ciri hubungan yang dipaksakan? Dirakum dari Bonobology, berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: 14 Ciri Pasangan Clingy, Ketahui Beberapa Faktor Penyebabnya

Gampang bertengkar

Tidak ada gunanya menjalin hubungan yang terus-menerus diwarnai pertengkaran. Masalah dan perkelahian yang sama akan terjadi hampir setiap hari tanpa ada solusi. Kamu dan pasangan akan mengatakan hal-hal yang menyakitkan satu sama lain tanpa sengaja.

Dirusak oleh hal-hal negatif 

Baca Juga: 5 Manfaat Mandi Bareng Pasangan, Lebih Intim dan Mesra

Hubungan yang dipaksakan juga dikhawatikan akan penuh dengan hal-hal negatif, seperti kecemburuan, kecurigaan, manipulasi, dan gaslighting. Orang-orang bahkan bisa dengan jelas mengetahui bahwa ada yang salah dengan hubunganmu.

Tak ada kasih sayang atau cinta yang tulus 

Saat pasangan atau kamu terpaksa mencintai, tidak akan ada kasih sayang yang tulus di antara kalian berdua. Walau kamu mungkin menikmati momen di mana dia mengatakan pada dunia tentang cintanya padamu, saat hanya berdua dengannya, kamu hampir tidak akan merasakan emosi apa pun dalam hubungan itu.

Tak ada rasa hormat 

Ada banyak alasan di balik pasangan yang tidak bisa mencintaimu. Bisa jadi karena kamu telah menyakitinya atau malah jatuh cinta pada orang lain. Walau begitu, seharusnya orang ini tetap menghormatimu.

Jika pasangan merasa terpaksa, dia mungkin akan memanggil namamu dengah sebutan yang menyinggung, mengejekmu, dan melontarkan komentar sarkastik. 

Tidak ada batasan

Seseorang yang memaksamu untuk mencintainya tidak akan menghormati batasan yang kamu butuhkan. Dia akan mengganggu privasimu dan tidak akan memberimu waktu untuk diri sendiri. Pada akhirnya, kamu akan merasa terkurung dalam hubungan tersebut.

Merasakan emosi yang intens

Hubungan yang dipaksakan akan membuat seseorang merasakan emosi yang intens seperti sakit hati, frustrasi, kebencian, kemarahan, kekecewaan, dan patah hati. Semua emosi positif akan hilang karena kurangnya kasih sayang, cinta, perhatian, dan empati.

Terjadi pelecehan emosional

Baca Juga: 10 Tips Menghemat Biaya Pernikahan, Cari Vendor Murah hingga Berburu Promo

Tanda hubungan yang dipaksakan lainnya yakni adanya pelecehan emosional yang berbahaya. Orang yang terjebak di dalamnya mungkin bakal merasa tertekan, stres, cemas, atau bahkan ingin bunuh diri. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI