6 Manfaat Bunga Pepaya, Menambah Nafsu Makan hingga Sehatkan Jantung

Tak hanya buah dan daunnya, bunga pepaya juga bisa dimakan. Inilah beberapa manfaat bunga pepaya untuk kesehatan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 02 Oktober 2023 icon 12:56 WIB
6 Manfaat Bunga Pepaya, Menambah Nafsu Makan hingga Sehatkan Jantung

Ilustrasi bunga pepaya (Pixabay/João)

Banyak orang suka buah pepaya, begitu pula dengan daunnya yang bisa diolah menjadi aneka hidangan sayur. Selain itu, bunga pepaya rupanya juga bisa dikonsumsi.

Bunga pepaya memiliki rasa pahit seperti daunnya, tapi jelas kaya manfaat. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa manfaat bunga pepaya untuk kesehatan.

Sumber Energi

Baca Juga: 8 Cara Memasak Pare, Ini Tips agar Warnanya Tetap Hijau Segar

Bunga pepaya kaya mineral, protein, dan vitamin yang semuanya punya peran masing-masing dalam memberi pengaruh baik pada tubuh.

Protein bekerja sebagai sumber energi, vitamin mendukung tumbuh kembang serta mengawasi kinerja tubuh, sementara mineral merupakan asupan nutrisi yang baik.

Ilustrasi bunga pepaya (Pixabay/Seno Aji)
Ilustrasi bunga pepaya (Pixabay/Seno Aji)

Baik untuk kesehatan jantung

Baca Juga: Diet Fruitarian Aman atau Tidak? Ketahui 5 Bahaya jika Anda Cuma Makan Buah

Konsumsi bunga pepaya dinilai baik untuk kesehatan jantung berkat kandungan sterol dan glycosides. Keduanya adalah bahan alami yang bekerja menurunkan kadar kolesterol serta mengatasi berbagai masalah pada organ tersebut.

Glycosides akan meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa darah tanpa memperluas kebutuhan bagian itu terhadap oksigen. Dengan demikian, kinerja jantung menjadi lebih efisien.

Memperlancar sistem pencernaan

Tak cuma buahnya, bunga pepaya juga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan. Jika diolah dengan benar dan dikonsumsi secara rutin, bunga pepaya akan berperan dalam akan menyehatkan organ di bagian tersebut.

Kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang saluran pencernaan, mulai dari sembelit, wasir, hingga diare.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan beta karoten pada bunga pepaya dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata. Fungsi indera penglihatan menjadi lebih optimal.

Tubuh mengubah beta karoten menjadi vitamin A. Fungsinya adalah melindungi mata agar tidak kering serta mampu menjauhkannya dari risiko rabun senja.

Menambah nafsu makan

Jika ingin menaikkan berat badan, bunga pepaya bisa dijadikan alternatif karena akan meningkatkan nafsu makan.

Walau rasanya pahit, sayur bunga pepaya bisa menambah nafsu makan seseorang, jadi cobalah sesekali menyantapnya bersama sepiring nasi hangat.

Meningkatkan metabolisme

Manfaat bunga pepaya lainnya adalah membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Manfaat ini diperoleh dari tanin yang bisa menambah pemakaian energi dan berguna bagi tubuh untuk mengoptimalkan fungsinya.

Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat Nanas yang Kaya Nutrisi, Bagus untuk Kecantikan Kulit

Jika metabolisme meningkat, kalori yang masuk ke dalam tubuh seseorang bakal diubah bentuk menjadi energi. Dengan demikian, penumpukan lemak kemungkinan dapat berkurang.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI