Manfaat Olahraga Kardio HIIT, Cut Memey: Pilihan Tepat untuk Kesehatan Jantung

Cut Memey menyebut olahraga kardio HIIT sebagai pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 03 Oktober 2023 icon 15:35 WIB
Manfaat Olahraga Kardio HIIT, Cut Memey: Pilihan Tepat untuk Kesehatan Jantung

Instagram/cutmemey

Artis Cut Memey merekomendasikan olahraga high intensity interval training (HIIT) kardio untuk menyehatkan jantung. Olahraga HIIT pun cukup dilakukan selama 30 menit saja dalam sehari.

Menurut Cut Memey, olahraga HIIT selama 30 menit bisa bisa meningkatkan kesehatan metabolisme dan suplai oksigen ke otot. Selain itu, HIIT kardio juga memacu jantung melalui latihan fisik yang dilakukan baik untuk kesehatan jantung.

"HIIT bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan sangat inklusif karena terbuka untuk semua kalangan," ungkap Cut Memey, dikutip dari siaran pers STRONG Nation Indonesia via Suara.com.

Baca Juga: Bukan Cuma Menjaga Berat Badan, Ini Alasan Nycta Gina Gemar Olahraga

Olahraga HIIT kardio melibatkan latihan bodyweight, pengencangan otot, kardio, serta teknik bela diri yang disinkronkan secara sempurna dengan musik.

Potret terkini Cut Memey di Kanada. [Instagram/@cutmemey]
Cut Memey [Instagram/@cutmemey]

Efektivitas HIIT kardio untuk mencegah penyakit jantung juga sudah dibuktikan melalui penelitian yang dipublikasikan dalam Canadian Journal of Cardiology. Disebutkan bahwa olahraga jenis ini membantu membangun daya tahan dan memperkuat otot sekaligus memberikan latihan kardio yang ramah jantung dalam waktu lebih singkat dibandingkan dengan metode latihan tradisional.

"Berdasarkan data WHO, penyakit jantung menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Oleh karena itu, saya ingin mengajak dan mengingatkan kita semua untuk menjaga kesehatan jantung dengan berolahraga. Olahraga sangat penting untuk membantu mencegah masalah kardiovaskular, baik sekarang maupun di kemudian hari," ujar Cut Memey.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit, Dokter Zaidul Akbar: Cuma 7 Hari Tanpa Olahraga

Sementara itu, American Heart Association mengungkapkan bahwa olahraga adalah satu dari delapan gaya hidup sehat paling penting untuk menjaga detak jantung tetap optimal. Ini karena aktivitas olahraga membuat beban kerja jantung jadi lebih ringan.

Baca Juga: Tubuh Terasa Nyeri usai Olahraga, Begini Cara Mengetahui Pegal Otot atau Cedera

"Dengan olahraga teratur, otot-otot kita meningkatkan kemampuannya untuk menggunakan oksigen dalam darah sehingga jantung tidak perlu memompa banyak darah," ucap Direktur Medis di Pritikin Longevity Center di Miami, Danine Fruge.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI