5 Manfaat Sayur Kubis, Bahan Makanan Murah yang Kaya Nutrisi

Konsumsi sayur kubis dengan cara yang tepat akan membuatmu merasakan manfaatnya secara optimal.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 09 Oktober 2023 icon 15:31 WIB
5 Manfaat Sayur Kubis, Bahan Makanan Murah yang Kaya Nutrisi

Ilustrasi sayur kubis (Pexels/Arina Krasnikova)

Kubis adalah salah satu jenis sayur yang disukai banyak orang. Selain murah dan gampang dicari, kubis bisa diolah menjadi beragam hidangan, mulai dari salad hingga sup.

Kubis termasuk dalam genus sayuran Brassica yang juga meliputi brokoli dan kembang kol. Tak hanya putih, ada juga jenis kubis hijau dan ungu.

Konsumsi kubis dengan cara yang tepat dan bijak bisa memberikan banyak manfaat. Dirangkum dari Healthshots, berikut sejumlah manfaat kubis bagi kesehatan.

Baca Juga: 6 Manfaat Bunga Pepaya, Menambah Nafsu Makan hingga Sehatkan Jantung

Ilustrasi sayur kubis (Pixabay/kinjipeople)
Ilustrasi sayur kubis (Pixabay/kinjipeople)

Kaya nutrisi

Kubis mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk protein, folat, potasium, magnesium, dan kalsium. Sayur kubis juga memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi, yakni vitamin C, B6, dan K.

Tak hanya itu, kubis tinggi serat dan mengandung antioksidan kuat sehingga baik dikonsumsi untuk membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: 8 Cara Memasak Pare, Ini Tips agar Warnanya Tetap Hijau Segar

Meredakan peradangan

Peradangan kronis dikaitkan dengan banyak penyakit serius seperti penyakit jantung, rheumatoid arthritis, hingga radang usus. Sayuran cruciferous, tanaman dari keluarga kubis, diketahui mengandung antioksidan yang cukup ampuh membantu mengurangi peradangan kronis.

Antioksidan seperti sulforaphane dan kaempferol yang terkandung dalam sayur kubis berfungsi memberikan efek anti-inflamasi.

Melancarkan pencernaan

Perlu diketahui bahwa sayur kubis mengandung serat tidak larut yang ramah usus. Bukan rahasia lagi, serat penting untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga melancarkan buang air besar secara teratur.

Membantu menjaga berat badan

Kubis termasuk makanan rendah kalori. Bukan hal mengherangkan jika kubis banyak dipilih mereka yang ingin menjaga berat badan. Berkat tingginya kandungan serat pada sayuran ini, konsumsi kubis bisa menciptakan rasa kenyang di perut.

Menurunkan tekanan darah

Baca Juga: Tes Kepribadian: Kamu Suka Makan Salad Pakai Saus Apa? Ini Maknanya

Seperti yang telah disebutkan di atas, kubis merupakan sumber potasium, yaitu mineral dan elektrolit penting yang meningkatkan fungsi tubuh, termasuk tingkat tekanan darah. Selain itu, kubis kaya kalium yang fungsinya membantu mengontrol tekanan darah dengan menangkal efek asupan natrium dalam tubuh.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI