6 Manfaat Sayur Taoge, Ternyata Bagus untuk Perawatan Rambut

Konsumsi sayur tauge baik untuk membantu pertumbuhan rambut. Apa lagi manfaat sayur taoge?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 17 Oktober 2023 icon 13:01 WIB
6 Manfaat Sayur Taoge, Ternyata Bagus untuk Perawatan Rambut

Sajian tumis taoge (Pixabay/eunyoung LEE)

Sayur taoge dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Sayuran ini populer dengan khasiatnya yang diyakini menambah kesuburan.

Taoge memang kaya nutrisi, mulai dari protein, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, dan lainnya. Inilah mengapa taoge sangat disarankan untuk dikonsumsi dalam menu makanan sehari-hari.

Apa saja manfaat sayur taoge? Dilansir dari Suara.com, berikut deretan khasiat taoge untuk kesehatan.

Baca Juga: 4 Manfaat Pakis, Bisa Jadi Sayur Ramah Pejuang Kolesterol

Kaya serat

Kesehatan pencernaan adalah hal penting. Taoge termasuk bahan makanan kaya serat yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan.

Sayur taoge (Pixabay/PublicDomainPictures)
Sayur taoge (Pixabay/PublicDomainPictures)

Bantu mencegah anemia

Baca Juga: 5 Manfaat Sayur Kangkung, Bagus Dikonsumsi untuk Kesehatan Anak

Saat kekurangan zat besi, tubuh berpotensi mengalami anemia. Asupan taoge akan membantumu mencegah masalah kesehatan ini karena tingginya kandungan zat besi. Jika asupan zat besi tercukupi, produksi sel darah merah bakal lebih optimal. 

Baik untuk perawatan rambut

Kandungan vitamin C pada sayur taoge bermanfaat membantu meningkatkan proses pertumbuhan rambut. Vitamin C juga dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang merupakan salah satu faktor pemicu kerontokan dan kerusakan rambut.

Bantu menjaga kesehatan jantung

Taoge kaya asam lemak Omega-3 yang merupakan kolesterol baik. Inilah mengapa asupan taoge yang cukup akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat secara perlahan sehingga turut berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Membantu menurunkan berat badan

Kaya nutrisi dan rendah kalori, adalah kombinasi sempurna untuk sayur toge masuk ke dalam jenis makanan yang cocok untuk mendukung agenda diet. Keberadaan serat di dalam toge juga membantu seorang merasa kenyang lebih cepat, sehingga makanan yang dikonsumsi jumlahnya tidak berlebihan.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Baca Juga: 6 Manfaat Sayur Bayam, Kaya Nutrisi Menyehatkan

Kandungan enzim pada sayur taoge akan membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Protein yang diperlukan untuk menjalankan berbagai fungsi kimia di dalam tubuh juga terkandung dalam sayuran ini.

BERITA TERKAIT