7 Cara Putus Baik-Baik, Begini Aturan Mainnya

Adakah cara untuk putus cinta secara damai? Berikut beberapa tipsnya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 23 Oktober 2023 icon 14:12 WIB
7 Cara Putus Baik-Baik, Begini Aturan Mainnya

Ilustrasi patah hati. (Unsplash/Kelly Sikkema)

Perpisahan karena putus cinta bukanlah hal yang mudah. Banyak pasangan yang kemudian mengakhiri jalinan asmara dengan permusuhan hingga menimbulkan trauma.

Meski mungkin memang tak semudah yang  dibayangkan, bukan berarti tidak bisa menciptakan perpisahan secara damai. Melansir Times of India, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Komunikasi langsung dan jujur

Baca Juga: Ketahui Bahaya Silent Treatment, Begini Cara Mengatasinya

Kunci pisah baik-baik dimulai dengan komunikasi langsung  dan saling terbuka. Daripada repot-repot berusaha menghindari hal yang tidak bisa dihindari, lakukan percakapan terbuka dengan pasanganmu. 

Ekspresikan perasaan, kecemasan, dan alasan kamu ingin putus dengan cara yang baik dan terhormat. Hindari permainan saling menyalahkan.

Kejujuran memang bisa menyakitkan, tapi tidak harus diungkapkan secara brutal. Pilih kata-kata yang kamu ucapkan dengan hati-hati.

Baca Juga: 20 Kata-Kata Chat Romantis untuk Menyatakan Cinta, Dijamin Bikin Baper

Ilustrasi perempuan patah hati. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan patah hati. (Shutterstock)

Memilih waktu dan tempat yang tepat

Pilih yang tempat tenang dan dan tertutup untuk membicarakan perpisahan. Jangan melakukannya di depan umum atau hanya lewat telepon. Jadi, kamu bisa berbicara dan mendengarkan tanpa gangguan.

Dengarkan dia dengan empati

Putus cinta sangat mungkin menyakiti kedua pihak. Jadi, selain mengungkapkan perasaanmu, kamu juga perlu menjadi pendengar yang baik dan melatih empati.

Berikan pasanganmu kesempatan untuk mengungkapkan perasaan dan kekhawatiran. Hindari menyela atau bersikap defensif. Empati merupakan jembatan menuju pemahaman satu sama lain.

Tetap tenang dan hormati batasan

Perkara putus cinta memang rawan membuat emosi seseorang memuncak. Namun, usahakan untuk tetap tenang saat membicarakannya.

Membentak, menghina, atau sikap agresif lainnya tak akan membantu. Hormati batasan pribadi, baik fisik maupun emosional. Jangan malah sengaja memancing emosi pasangan.

Membicarakan masa transisi

Ada baiknya juga untuk mendiskusikan bagaimana kamu dan dia akan menghadapi kehidupan setelah putus cinta, adakah harta bersama, lingkaran pertemanan yang  sama, maupun aspek praktis lainnya. Punya rencana yang jelas bisa meminimalisir kesalahpahaman dan tekanan tambahan di kemudian hari.

Saling memberi ruang

Setelah putus, batasi interaksi dengan mantan. Luangkan waktu untuk menyembuhkan diri kalian masing-masing. Ini adalah bagian penting dari proses menerima perpisahan.

Fokus pada perawatan diri

Baca Juga: 5 Tips Membawa Hubungan Asmara ke Pelaminan, Begini Caranya agar Tak Mudah Kandas

Putus cinta bukan akhir dari segalanya. Gunakan fase ini untuk fokus pada perawatan diri dan menemukan kembali minatmu. Carilah dukungan dari teman, keluarga, atau terapis jika memang diperlukan. Sambutlah awal baru yang indah.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI