Tips Bikin Anak Suka Makan Ikan, Ahli Gizi: Bisa Dimulai Sejak Hamil

Ahli gizi mengungkap salah satu cara membuat anak suka makan ikan sejak dini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 23 Oktober 2023 icon 12:13 WIB
Tips Bikin Anak Suka Makan Ikan, Ahli Gizi: Bisa Dimulai Sejak Hamil

Ilustrasi daging ikan salmon. (Unsplash/Caroline Attwood)

Makan ikan dalam porsi yang cukup bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Ikan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, termasuk pertumbuhan anak.

Hanya saja, kadang anak-anak malah tidak begitu suka makan ikan. Rasa ikan dianggap tak seenak sumber protein lain seperti ayam dan daging  sapi.

Salah satu faktor penyebab anak tidak suka makan ikan rupanya bisa jadi karena tidak dibiasakan sang ibu sejak hamil. Guru Besar Ilmu Gizi IPB University dan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Dr. Hardinsyah, M.S. mengungkapkan, makanan yang dikonsumsi ibu hamil sangat berpengaruh pada bayi.

Baca Juga: Resep Cakwe Lembut Enak ala Abang-Abang, Cocok untuk Ide Usaha Rumahan

Ilustrasi hamil. (Pexels/Leah Kelley)
Ilustrasi hamil. (Pexels/Leah Kelley)

Disebutkan bahwa jika ibu terbiasa mengonsumsi ikan sejak hamil, si anak akan menyukainya saat lahir. Ini karena anak sudah terbiasa dengan rasa ikan saat masih di dalam kandungan. Jadi saat makan ikan, rasanya tidak begitu aneh.

"Kalau anak mau suka ikan, dari ibunya juga harus terbiasa konsumsi saat hamil. Hal ini juga dilakukan ketika menyusui. Nantinya, ketika mereka dewasa akan lebih terbiasa dengan ikan," ujar Prof.Hardinsyah, dilansir dari Suara.com.

Ibu juga bisa membuat anak terbiasa mengonsumsi ikan saat menyusui. Asupan ibu menyusui akan mempengaruhi ASI yang ada sehingga anak terbiasa mengonsumsi ikan saat dewasa.

Baca Juga: Resep Bakso Bakar, Jajanan Pinggir Jalan Versi Lebih Sehat

Walau begitu, terdapat hal lain yang sering menjadi penyebab anak tidak suka makan ikan, yakni trauma karena tulangnya. Tertusuk tulang bisa bikin anak tak mau makan ikan lagi. Oleh karenanya, para orang tua harus mendampingi anak saat mengonsumsi ikan. 

"Ketika kita sajikan kepada anak-anak itu harus dibimbing, harus didampingi apalagi dia masij ada ikannya karna bisa trauma kalau dia sekali kena tusuk karena enggak disiapkan dengan baik," jelasnya. 

Orang tua memang bisa saya mengganti ikan dengan protein lainnya. Namun, anak nantinya jadi semakin tidak suka ikan. Padahal, konsumsi protein lebih disarankan beragam agar cita rasanya berbeda-beda. 

Baca Juga: Resep Samosa, Camilan Nikmat yang Rasanya Kaya Rempah

"Kalau anak ada yang trauma sulit untuk mendidiknya alternatif sumber protein ada. Gapi yang bagus itu tadi makan beragam kadang telur, ikan, tempe, tahu, daging, ayam," tandasnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI