5 Tips Membawa Hubungan Asmara ke Pelaminan, Begini Caranya agar Tak Mudah Kandas

Ingin membawa hubungan asmara yang kamu jalani saat ini ke jenjang berikutnya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 22 Oktober 2023 icon 11:12 WIB
5 Tips Membawa Hubungan Asmara ke Pelaminan, Begini Caranya agar Tak Mudah Kandas

Ilustrasi pernikahan. (Pexels/Deden Dicky Ramdhani)

Banyak pasangan berharap bisa menjalani hubungan asmara yang langgeng. Tak sedikit pula yang ingin merajut bahagia bersama dalam ikatan pernikahan.

Mau hubunganmu awet sampai pelaminan? Merangkum Psych Central, berikut sejumlah tips untuk membuat hubungan cinta bertahan lama.

Tindakan yang saling timbal balik

Baca Juga: Jadi Korban Ghosting? Ini 4 Cara Mengatasinya

Jika kamu ingin hubunganmu dengannya bertahan lama, jangan remehkan pentingnya hukum timbal-balik. Jangan cuma menjadi sosok yang menerima, baik secara material maupun emosional.

Jika pasangan berusaha memberikan apa yang kamu butuhkan selama ini, lakukan timbal balik. Jika bingung harus bagaimana, kamu bisa bertanya tentang apa yang sebenarnya dia butuhkan atau harapkan.

Ilustrasi pasangan romantis (Pexels/Jonathan Borba)
Ilustrasi pasangan romantis (Pexels/Jonathan Borba)

Komunikasi adalah kunci

Baca Juga: 5 Penyebab Putus Cinta, Sering Bikin Hubungan Asmara Kandas

Komunikasi adalah kunci hubungan yang sehat dan awet. Ini bukan sekedar mengobrol secara langsung atau via chat dan telepon dengannya.

Tak ada salahnya untuk mulai memikirkan waktu yang tepat untuk berkomunikasi tanpa mengganggu satu sama lain. Ingatlah bahwa kamu dan dia tetap mempunyai kehidupan masing-masing.

Bertengkar boleh, bubar jangan

Tidak ada hubungan yang benar-benar sempurna. Bagaimanapun, akan tetap ada hari di mana kamu dan dia bertengkar atau berselisih paham.

Saat itu terjadi, cari akar masalahnya bersama agar bisa segera memulai diskusi untuk menemukan solusinya berdua. Jangan biarkan temakan emosi dan buru-buru bilang ingin pisah.

Jangan merahasiakan kebutuhanmu

Jika kamu butuh sesuatu atau malah sebaliknya, ungkapkan pada pasangan kamu. Katakan apa yang butuhkan dari hubungan asmara ini. Jangan dipendam cuma karena merasa tidak enak hati atau khawatir dia tidak bisa memenuhinya.0

Pentingnya kejujuran

Baca Juga: Apa Arti Green Flag? Ini Bedanya dengan Red Flag dalam Hubungan Asmara

Kejujuran kadang terasa menyakitkan, tetapi jangan pernah meremehkan pentingnya bersikap terbuka satu sama lain. Mungkin ada waktu di mana kamu atau dia butuh waktu lebih lama untuk bisa berkata jujur, jadi cobalah saling pengertian.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI