Saatnya Katakan Putus, 6 Tanda Hubungan Tidak Sehat yang Bikin Menderita

Hubungan tidak sehat sebaiknya tak perlu susah payah dipertahankan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 24 Oktober 2023 icon 16:28 WIB
Saatnya Katakan Putus, 6 Tanda Hubungan Tidak Sehat yang Bikin Menderita

Ilustrasi Bertengkar (Pexels/Liza Summer)

Hubungan asmara yang sehat akan membuat seseorang merasa bahagia saat bersama pasangannya. Sebaliknya, hubungan tidak sehat biasanya hanya membuatmu sedih dan menderita.

Apa saja tanda hubungan yang sudah tidak sehat? Dirangkum dari Relationship Australia, inilah tanda hubungan beracun yang sebaiknya diakhiri alias putus.

Komunikasi yang buruk

Baca Juga: 7 Cara Putus Baik-Baik, Begini Aturan Mainnya

Komunikasi adalah kunci keberhasilan suatu hubungan. Saat komunikasi pasangan sudah buruk, pada akhirnya cuma akan membawa masalah. Jika tak mau terjebak lebih lama dan terluka menjalaninya, akhiri saja.

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)

Komunikasi yang kasar

Waspada juga jika pasangan mulai atau bahkan sering bicara kasar, apalagi saat adu argumen dan bertengkar. Kecenderungan negatif itu dapat merusak hubungan asmara.

Baca Juga: 5 Tips Membawa Hubungan Asmara ke Pelaminan, Begini Caranya agar Tak Mudah Kandas

Tidak ada rasa percaya

Hubungan juga lebih baik diakhiri jika tidak ada lagi kepercayaan antara kamu dan pasangan. Kalian malah selalu menaruh rasa curiga terhadap satu sama lain.  Tak adanya rasa saling percara membuat hubunganmu sering dilanda masalah dan pertengkaran. 

Tidak saling mendukung

Jika pasangan tidak lagi mendukung apa pun yang kamu lakukan, apa yang membuatnya tetap ingin bertahan dalam hubungan itu? Biasanya, pasangan menjadi lebih cuek dan tidak peduli apa yang terjadi pada dirimu.

Tak ada ikatan emosional

Hubungan tidak sehat yang lebih baik diakhiri bisa ditandai dengan tidak ada ikatan emosional di antara kedua pihak. Kamu dan dia tidak lagi memiliki tujuan yang sama. Saat bersama, kamu dan pasangan merasa ada sesuatu hal yang sudah hilang dan tidak seperti dulu lagi.

Tidak bisa melihat masa depan bersama

Baca Juga: Pahami 6 Pola Pelecehan Verbal dalam Hubungan Asmara, Jangan Disepelekan!

Pasangan mungkin memiliki visi yang berbeda untuk masa depan, sedangkan kamu pun punya impianmu sendiri. Saat kamu tak bisa melihat dirinya dalam rencana masa depanmu, lebih baik akhiri saja hubungan kalian.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI