6 Cara Menolak Cinta Pria yang Tidak Kamu Sukai, Jangan Cuma Minta Maaf!

Bagaimana cara menolak pernyataan cinta pria agar tidak terlalu menyakiti perasaannya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 25 Oktober 2023 icon 15:22 WIB
6 Cara Menolak Cinta Pria yang Tidak Kamu Sukai, Jangan Cuma Minta Maaf!

Ilustrasi pasangan romantis (Pexels/Katerina Holmes)

Menerima pernyataan cinta tentu terdengar sangat romantis. Namun, rasanya mungkin berbeda jika ungkapan perasaan istimewa itu disampaikan pria yang kebetulan bukan pujaan hatimu.

Kamu mungkin ingin menolak, tetapi tidak tahu harus bagaimana, terlebih jika selama ini dia adalah teman dekatmu. Bagaimanapun, kamu tidak ingin membuatnya sakit hati.

Bagaimana cara menolak cinta pria yang tidak kamu sukai? Merangkum Women's Health, inilah beberapa hal yang bisa kamu coba terapkan.

Baca Juga: 7 Cara Putus Baik-Baik, Begini Aturan Mainnya

1. Beri pujian

Jangan mengatakan hal buruk tentang pria tersebut saat menolak cintanya. Kamu malah bisa memuji penampilan atau sikap yang baik dari pria itu.

Walau begitu, sampaikan juga alasan kamu tak bisa menerima perasaannya. Tentu saja, katakan secara baik-baik agar tidak menyinggung perasaannya.

Baca Juga: 20 Kata-Kata Chat Romantis untuk Menyatakan Cinta, Dijamin Bikin Baper

Ilustrasi Pasangan (Pexels/vjapratama)
Ilustrasi Pasangan (Pexels/vjapratama)

2. Jangan minta maaf

Daripada meminta maaf, kamu bisa mengapresiasi perasaannya, lalu menolak secara tegas. Kamu juga bisa langsung bicara intinya, yakni kenapa memilih untuk menolak perasaan pria tersebut.

3. Fokus pada kebutuhan

Sampaikan pendapatmu tentang sosok yang lebih dia butuhkan dalam hidupnya. Kamu bisa menyampaikan bahwa dia mungkin tidak sejalan dengan impianmu atau tidak ada kecocokan sebagai pasangan romantis.

4. Jangan biarkan mereka galau

Dia jelas bakal kecewa saat cintanya ditolak. Kamu bisa coba meredakan kegundahan hatinya dengan berdoa agar laki-laki tersebut mendapatkan sosok yang lebih cocok untuknya.

5. Jaga persahabatan

Penolakanmu mungkin akan menimbulkan perasaan canggung di antara kalian. Saat menolak cinta seseorang, bukan berarti hubungan pertemanan berakhir seketika. Kamu bisa mempertahankan persahabatan dengan laki-laki tersebut.

6. Bawa santai

Baca Juga: 8 Tanda Crush Juga Suka Kamu, Bukan Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Kamu memang harus tegas dengan perasaanmu, tapi jangan emosional dan menunjukkan kemarahan saat menolak cinta seorang pria. Lakukan dengan santai dan selalu beri penjelasan mengapa kamu tidak bisa menerima perasaannya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI