10 Cara Tidur Hewan Peliharaan, Temukan Maknanya!

Jika hewan peliharaan suka tidur menempel di kakimu, apa artinya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 27 Oktober 2023 icon 14:24 WIB
10 Cara Tidur Hewan Peliharaan, Temukan Maknanya!

Ilustrasi kucing tidur di kantor. (Pixabay/Birgl)

Banyak orang yang membiarkan hewan peliharaan mereka tidur bersama di kamar pribadi. Meski hanya sekali, orang-orang ini umumnya pernah bertanya-tanya tentang mengapa hewan peliharaan tidur mengambil posisi tertentu saat tidur.

Merangkum Brightside, Profesor Peter Neville, seorang spesialis terkemuka dalam perilaku hewan, bersama dengan pakar kesejahteraan hewan peliharaan dari perusahaan Itchpet, menjelaskan arti posisi hewan peliharaan ketika tidur bareng pemiliknya.

1. Di dekat kaki

Baca Juga: Tes Kepribadian: Membaca Karakter Seseorang Berdasarkan Hewan Peliharaan

Kamu kemungkinan besar berguling ketika tidur dan hewan peliharaan cuma mencoba memilih posisi yang paling dekat denganmu. Namun, pada saat yang sama, dia menjaga jarak aman sehingga mereka bisa mundur jika terjadi ketidaknyamanan.

Ilustrasi shio anjing. (Pixabay/kim_hester)
Ilustrasi anjing. (Pixabay/kim_hester)

2. Dalam lekukan kaki

Saat kamu tidur dengan posisi agak menekuk kaki, hewan peliharaan mungkin nyaman ada di sekitar lekuk kakimu itu. Artinya, dia sepenuhnya percaya padamu dan membuat kamu bertanggung jawab atas keselamatannya.

Baca Juga: The Dog Copyrights: Bantu Anjing Terlantar Semudah Menyebut Namanya

Ini adalah posisi yang biasanya disukai anak anjing dan anak kucing saat tidur dengan induk mereka. Ini membuatnya merasa terlindungi.

3. Di antara sela kaki

Jika hewan peliharaan tidur meringkuk di antara kedua kaki, kemungkinan besar ia berusaha melindungi diri dari kebisingan yang tak diinginkan.

Kucing maupun anjing bisa mendengar frekuensi suara yang jauh lebih tinggi daripada manusia sehingga mereka mencoba bersembunyi di kaki kamu untuk mendapat perlindungan.

4. Tidur di antara kamu dan pasangan

Hewan peliharaan mungkin mencari tempat yang terasa hangat dan aman. Namun, posisi ini juga bisa berarti mereka berusaha menjauhkan orang lain dari kamu. Mungkin mereka cemburu dan berusaha mendapatkan perhatianmu.

5. Tidur di bantal

Jika hewan peliharaan menempati seluruh bantal untuk dirinya sendiri, mereka mencari kelembutan dan kenyamanan ekstra. Segera setelah bangun, hewan peliharaanmu biasanya langsung coba membangunkan kamu sehingga dapat menerima sarapannya secepat mungkin.

6. Tidur di bawah selimut

Hewan peliharaanmu mencari kenyamanan dan keamanan khusus. Selain itu, sebagian anjing akan tidur lebih nyenyak ketika mereka dilindungi oleh sesuatu yang tidak terlalu berat.

7. Di dekat kepala

Jika dia mendekat ke kepalamu sedikit demi sedikit saat tidur, artinya dia sangat bergantung padamu dan ingin menunjukkan cintanya dengan mencoba tidur sedekat mungkin dengan wajahmu.

8. Tidur di pelukanmu

Jika hewan peliharaan lebih suka tidur di lenganmu, dia ingin merasakan detak jantungmu. Hal itu membuat dia yakin bahwa kamu baik-baik saja. Posisi ini juga memberikannya kemampuan untuk bergerak cepat ke titik tempat tidur lain atau lantai saat kamu mengubah posisi.

9. Di Samping kaki

Anjing lebih sering melakukannya daripada kucing. Hewan peliharaa ingin mempertahankan kontak dekat dengan kamu selama mungkin, sambil menikmati elusan darimu.

Hewan peliharaan juga mungkin memilih posisi ini agar siap merespons segala faktor risiko apa pun dan bisa segera melindungi pemiliknya.

10. Tengah kasur

Baca Juga: Gemas Banget! Begini Cara Mendapatkan Koleksi PUMA x GARFIELD

Saat pagi hari, kamu mungkin pernah menemukannya tidur di tengah tempat tidur, sementara kamu hampir jatuh ke lantai. Ini adalah karakteristik dari hewan manja yang tahu pasti bahwa pemiliknya akan memenuhi setiap keinginan mereka.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI