6 Manfaat Tidur Cantik, Wajah Jadi Lebih Sehat Bercahaya

Waktu dan kualitas tidur bisa berpengaruh terhadap kondisi kulit seseorang.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 01 November 2023 icon 09:41 WIB
6 Manfaat Tidur Cantik, Wajah Jadi Lebih Sehat Bercahaya

Tidur menyamping. (Unsplash/Kinga)

Kamu mungkin pernah mendengar istilah tidur cantik. Ini pada dasarnya adalah penyebutan untuk tidur nyenyak di mana tubuh akan menyembuhkan dirinya sendiri setelah melalui hari yang panjang.

Penting untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam, yaitu sekitar 7-9 jam. Jika kamu malah sering tidur kurang dari 6 jam, penampilan fisikmu sangat mungkin terpengaruh.

Dirangkum dari Boldsky, ada beberapa manfaat tidur cantik untuk perawatan kecantikan. Apa saja?

Baca Juga: 4 Tips Mendapatkan Waktu Tidur Berkualitas, Libatkan Hewan Peliharaan Kesayangan

Bangun dengan mata yang tidak bengkak

Kondisi mata bengkak bisa terjadi akibat kurang istirahat. Ini merupakan efek meningkatnya kadar kortisol saat stres. Tidur cukup dan berkualitas dapat menjadi salah satu solusinya.

Ilustrasi perempuan tidur siang (Pexels/Ron Lach)
Ilustrasi perempuan tidur siang (Pexels/Ron Lach)

Kulit tampak bercahaya dan lebih muda

Baca Juga: Skincare Ini Mengandung Ekstrak Buah Merah Papua, Apa Manfaatnya?

Kulit akan melakukan regenerasi secara alami saat kamu tidur nyenyak. Sel-sel kulit baru tumbuh lebih cepat ketika seseorang tidur.

Kamu harus memanfaatkannya dengan membersihkan kulit sebelum tidur dan mengaplikasikan produk skincare yang tepat. Dengan begitu, kamu akan bangun dengan kulit yang lebih sehat.

Melawan tanda penuaan

Tidur yang cukup dan berkualitas juga bisa membantu mengurangi kerutan serta tanda-tanda penuaan lainnya. Posisi tidur terletang lebih disarankan karena meminimalisir tekanan berulang pada kulit yang dapat memicu munculnya kerutan.

Penampilanmu tampak lebih bahagia dan sehat

Saat kurang tidur, seseorang biasanya tampak lebih lelah dan tidak bahagia. Kondisinya akan berbeda kalau kamu cukup tidur istirahat di malam hari.

Membantu produk perawatan kulit bekerja lebih optimal

Konsistensi aliran darah saat tidur cantik di malam hari juga memungkinkan kulit mendapatkan manfaat dari bahan-bahan yang terkandung dalam produk kecantikan secara lebih optimal. Gunakan skincare andalanmu sebelum tidur dan minum banyak air di siang hari agar kulit tetap terhidrasi.

Menjaga kesehatan rambut

Baca Juga: Rekomendasi Powder Foundation untuk Makeup Tahan Lama hingga 24 Jam, Berapa Harganya?

Kurang tidur juga bisa memicu masalah rambut rontok, patah, rusak, dan pertumbuhan yang terhambat. Folikel rambut, tempat pertumbuhan rambut dimulai, mendapatkan nutrisi, vitamin, dan mineral dari aliran darah. Saat aliran darah kurang lancara gara-gara kurang tidur, rambut bakal mendapat lebih sedikit nutrisi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI