7 Manfaat Tanaman Kumis Kucing, Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Apa saja manfaat tanaman kumis kucing untuk kesehatan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 12 November 2023 icon 15:00 WIB
7 Manfaat Tanaman Kumis Kucing, Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Tanaman kumis kucing (Pixabay/LATUPEIRISSA)

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman kumis kucing. Menariknya, ternyata ada banyak manfaat tanaman kumis kucing untuk kesehatab.

Apa saja khasiat tanaman ini? Dilansir dari Health Benefit Times, inilah beberapa manfaat kumis kucing untuk kesehatan.

Bantu Mengatasi Masalah Pernapasan

Baca Juga: 5 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan, Baik untuk Merawat Kulit hingga Ginjal

Kumis kucing disebut bisa membantu mengobati masalah pernapasan, seperti asma dan batuk. Agar lebih efektif, ramuan kumis kucing sering dicampur dengan bahan berkhasiat lainnya.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada tanaman kumis kucing adalah senyawa aktif yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi serta menghindari risiko penyakit seperti stroke.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Kemangi, Lalapan Sehat Favorit Banyak Orang

Tanaman kumis kucing (Pixabay/hartono subagio)
Tanaman kumis kucing (Pixabay/hartono subagio)

Bersifat Antijamur

Daun kumis kucing terdiri dari senyawa yang mampu membantu mencegah pertumbuhan parasit serta inang asing yang hidup dalam tubuh. Senyawa ini bekerja memotong rantai pasokan nutrisi jamur. Oleh karenanya, kumis kucing bisa dioleskan ke area yang terkena infeksi jamur.

Tindakan Diuretik

Diuretik mengacu pada zat yang membantu meningkatkan aliran urin. Kandungan sinensetin dan tetramethoxy-flavones pada ramuan kumis kucing bisa membantu meningkatkan aliran urin dengan cara mengendurkan otot-otot dinding pembuluh internal.

Ramuan Detoks

Manfaat kumis kucing bisa didapatkan dengan mengonsumsinya dalam bentuk minuman teh. Minuman herbal ini baik untuk detoks racun di dalam tubuh.

Mengatur Kadar Gula Darah

Dikatakan juga bahwa kumis kucing secara efektif membantu mengatur kadar gula dalam darah. Meski begitu, penderita diabetes tentu saja tetap harus berkonsultasi dengan dokter masing-masing sebelum beralih sepenuhnya ke pengobatan herbal ini.

Penurunan Berat Badan

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Rosemary untuk Perawatan Kecantikan, Bisa Bikin Awet Muda

Manfaat tanaman kumis kucing adalah membantu menurunkan berat badan. Inilah mengapa kumis kucing juga bisa ditemukan dalam berbagai produk penurunan berat badan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI