Apa Itu Backhanded Compliment? Jangan Terlena Pujian Palsu

Apa yang harus kamu lakukan saat menerima backhanded compliment?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 19 November 2023 icon 10:00 WIB
Apa Itu Backhanded Compliment? Jangan Terlena Pujian Palsu

Ilustrasi mengobrol dengan sahabat (Pexels/Gary Barnes)

Kamu mungkin pernah menerima pujian dari seseorang, tetapi akhirnya sadar bahwa apa yang diucapkan padamu sebenarnya adalah sindiran bernada kritik. Hal seperti itu bisa menjadi salah satu bentuk backhanded compliment.

Apa itu backhanded compliment? Melansir dari very well mind, backhanded compliment merupakan pujian atau pernyataan positif tapi sebenarnya mengandung penghinaan dan kritik halus. Pujian yang dilontarkan ternyata tidak tulus, bahkan seringkali mengandung ejekan.  

Seseorang mungkin pernah berkata padamu, "Kamu cantik. Kalau langsing, pasti kamu kelihatan lebih cantik."

Baca Juga: Ternyata Cowok Ingin Dengar Kata Romantis Ini dari Cewek

Ilustrasi mengobrol dengan sahabat (Pexels/Alexander Suhorucov)
Ilustrasi mengobrol dengan sahabat (Pexels/Alexander Suhorucov)

Kalimat tersebut terkesan positif. Namun, sebenarnya secara tidak langsung orang tersebut justru mengucapkan hal yang sebaliknya. Dia berpikir bahwa lawan bicaranya tidak cantik karena tidak langsing.

Mengapa seseorang melontarkan backhanded compliment? Berdasarkan penelitian dari Harvard Business School, dijelaskan bahwa mereka yang sering melakukan backhanded compliment adalah orang-orang yang punya rasa cemburu, merasa tersaingi, atau bersikap agresif terhadap orang-orang yang dikritik.  

Orang-orang itu mungkin diam-diam merasa insecure. Hal itu membuat mereka seolah perlu merendahkan orang lain supaya merasa lebih baik dari orang yang dikritik.

Baca Juga: Ternyata 4 Zodiak Ini Hobi Kritik Diri Sendiri

Bagaimana cara menanggapi backhanded compliment? Saat kamu mendapatkan backhanded compliment, ada beberapa hal dilakukan untuk menanggapinya.

Pertama, fokus pada hal positif yang disampaikan dan abaikan sisi negatifnya. Selain itu, alih-alih menanggapi serius, anggaplah saja itu cuma bercanda.

Walau tak mudah, melontarkan semacam jokes untuk membalas backhanded compliment adalah cara ampuh. Kalau tak memungkinkan, ganti saja topiknya obrolannya.

Baca Juga: Sadar Nggak? Pujian Ini Sebenarnya Merendahkan Cewek

Mendengar kalimat kritik berkedok pujian memang menyebalkan. Walau begitu, ketimbang makan hati, ada baiknya kamu berlatih agar bisa bersikap lebih santai saat sewaktu-waktu menghadapi backhanded compliment.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI