Beras Merah dan Putih Ternyata Lebih Baik Tidak Usah Dicampur, Ini Alasannya

Mengapa beras merah dan beras putih lebih baik dimasak terpisah saja?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 20 November 2023 icon 19:15 WIB
Beras Merah dan Putih Ternyata Lebih Baik Tidak Usah Dicampur, Ini Alasannya

Ilustrasi beras merah dan putih yang dicampur. (Pexels/Suzy Hazelwood)

Tingkat konsumsi beras merah di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal ini seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pola makan sehat.

Beras merah terkenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Hanya saja, tak sedikit orang yang mengeluhkan tekstur dan rasa beras merah.

Dibanding beras putih, nasi dari beras merah tidak begitu pulen dan lebih hambar. Guna mengatasi hal ini, orang-orang kemudian memilih untuk mencampur dua jenis beras ini.

Baca Juga: Sophia Latjuba Ungkap Rutinitas Pagi setelah Bangun Tidur, Kunci Hidup Sehat dan Awet Muda

Dikutip dari Suara.com, Prof. Dr.Ir Ali Zu Mashar, mengungkap bahaya mengonsumsi beras merah yang dicampur beras putih. Menurut sang peneliti, hal itu bisa membuat khasiat beras merah justru hilang.

Ilustrasi beras. (Pixabay/moritz320)
Ilustrasi beras. (Pixabay/moritz320)

Beras putih tinggi kandungan karbohidrat dan gula, sementara banyak orang mengonsumsi beras merah karena kandungan gulanya yang lebih rendah. Oleh karenanya, menurut Prof. Ali, lebih baik memasak beras merah murni, tanpa dicampur beras putih.

"Nasi putih karbohidrat tinggi, terus gulanya lumayan tinggi. Beras putih serat, tapi kalau diabetes kurang membantu. Mending beras merah murni langsung dikonsumsi," ujar Prof Ali yang telah meneliti berbagai varietas beras merah selama belasan tahun ini.

Baca Juga: 7 Manfaat Tanaman Kumis Kucing, Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Beras merah disebut kaya protein dan serat, termasuk varietas beras merah yang Prof Ali temukan di laboratoriumnya, Trisakti Golden, yang kini dikembangkan untuk produk beras merah Dailymeal Rice.

Inovasi Prof Ali juga tidak seperti beras merah kebanyakan karena rasanya nikmat dan pulen. Rasanya hampir setara dengan pengalaman makan nasi putih.

Baca Juga: 5 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan, Baik untuk Merawat Kulit hingga Ginjal

"Saya mencari berbagai sumber dari genetik tanaman padi, akhirnya ketemu munculah satu dari jutaan benih yang memiliki karakter istimewa. Bahkan beras merah ini kalau ditanam secara organik menjadi lebih baik dan produktif," kata dia.

BERITA TERKAIT