Belajar dari Kasus Mendiang Nanie Darham, Ketahui Risiko Jalani Operasi Sedot Lemak

Operasi sedot lemak memiliki efek samping yang tidak boleh disepelekan.

By: Risna Halidi icon Minggu, 26 November 2023 icon 16:50 WIB
Belajar dari Kasus Mendiang Nanie Darham, Ketahui Risiko Jalani Operasi Sedot Lemak

Ilustrasi prosedur sedot lemak. (Shutterstock)

Bintang film Air Terjun Pengantin, Nanie Darham, dikabarkan meninggal dunia tak lama setelah melakukan operasi sedot lemak. Seperti diketahui, metode sedot lemak menjadi salah satu pilihan untuk bisa mendapat bentuk tubuh ideal adalah sedot lemak.

Meskipun begitu, sedot lemak juga memiliki efek samping yang tidak boleh disepelekan. Melansir dari laman Halodoc, ada beberapa efek samping sedot lemak yang harus diwaspadai agar bisa terhindar dari risiko yang diduga dialami mendiang Nanie Darham.

Potret mendiang Nanie Darham (Instagram)
Potret mendiang Nanie Darham (Instagram)

1. Mengganggu Organ Tubuh
Prosedur sedot lemak dapat menimbulkan beberapa masalah pada organ tubuh seperti jantung, paru-paru, dan ginjal. Ketika cairan disuntik ke dalam atau disedot ke luar tubuh, organ tubuh bisa mengalami pergeseran yang bisa membahayakan nyawa.

Baca Juga: Terobsesi Punya Tubuh Termahal, Biaya Oplas Wanita Ini Sudah Seharga Rumah

2. Kulit Kendur
Salah satu efek sedot lemak yang umum terjadi adalah kulit menjadi kendur. Sedot lemak akan menimbulkan pembuangan lemak yang tidak merata di area tubuh. Akibatnya, kulit menjadi bergelombang dan tidak elastis. Jika tidak segera ditangani, perubahan elastisitas kulit ini akan bersifat permanen.

3. Keracunan Anestesi
Sebelum prosedur sedot lemak dilakukan, pasien akan diberi obat anestesi untuk menghilangkan nyeri. Dalam beberapa kasus, terdapat orang yang tidak cocok menerima obat anestesi yang digunakan. Akibatnya, pasien akan mengalami gejala keracunan yang dapat mengganggu jantung dan sistem saraf pusat.

4. Mati Rasa
Salah satu efek samping sedot lemak adalah menyebabkan pasien mengalami mati rasa. Meskipun bersifat sementara, sedot lemak yang menimbulkan gangguan pada sistem saraf juga dapat menyebabkan seseorang mengalami mati rasa secara permanen.

Baca Juga: Efek Negatif Sedot Lemak, Wajah Remaja Ini Berubah Jadi Persegi!

Baca Juga: Percaya Diri Tampil Bare Face, Cardi B Hujan Pujian Warganet

Hingga saat ini, penyebab medis kematian Nanie Darham setelah operasi sedot lemak masih belum diketahui. Namun fakta bahwa Nanie melakukan operasi sedot lemak hanya dua bukan pasca-melahirkan diduga menjadi penyebab utama kematian ibu dua anak tersebut.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI