Bukan Hanya Hubungan Kekasih, Pertemanan juga Bisa Alami Breakup dan Ghosting

Apa yang terjadi jika hubungan pertemanan alami breakup dan ghosting?

By: Risna Halidi icon Minggu, 26 November 2023 icon 20:30 WIB
Bukan Hanya Hubungan Kekasih, Pertemanan juga Bisa Alami Breakup dan Ghosting

Ilustrasi persahabatan. (Pixabay)

Media sosial tengah dihebohkan dengan hubungan persahabatan dua perempuan yang terpaksa kandas karena seorang laki-laki.

Semua bermula saat dua perempuan yang tadinya bersahabat, saling mengungkap alasan tak lagi bersama. Mereka dikenal publik dengan nama Kim dan Joanna.

Dalam satu video, Kim mengunggah video klarifikasi di akun TikTok @kelly_kim_ dan menceritakan kenapa melakukan ghosting ke Joanna.

Baca Juga: Jadi Korban Ghosting? Ini 4 Cara Mengatasinya

Menghibur sahabat yang berduka. (Unsplash/Court Prather)
Ilustrasi. (Unsplash/Court Prather)

Menurutnya, Joanna terpantau mengincar pacarnya secara terang-terangan. Mulai dari caper memasukkan akun pacarnya ke dalam close friend, meminjam hoodie pacarnya dipamerkan dan tidak dikembalikan.

Hal yang membuat Kim semakin kesal adalah, Joanna rela bangun pagi demi membawakan bekal sandwich ke pacar Kim.

Dari situlah akhirnya, Kim memutuskan untuk ghosting dan memutuskan hubungan pertemanannya dengan Joanna.

Baca Juga: Ada-ada Saja! Wanita Ini Mengaku Punya Pacar Hantu, Sekarang Dighosting

Mengetahui video kekesalan Kim, Joanna pun akhirnya mencoba untuk meluruskannya. Ia mengatakan kalau tak hanya pacar Kim saja yang Joanna masukan ke close friendnya.

Untuk masalah hoodie, Joanna mengaku lupa mengembalikan dan mengakui kalau memang suka.

Terakhir, ia juga membeberkan alasan membelikan sandwich untuk pacar Kim karena sudah membantunya memasang mount TV.

Sebelum membuat video klarifikasi ini, Joanna mengaku sudah mencoba konfrontasi ke Kim. Namun, hal itu tak digubris oleh Kim.

Jadi, keduanya memang belum pernah ada obrolan langsung terkait masalah ini ironisnya.

Bukankan ada pepatah yang mengatakan kalau pertemanan itu bisa selamanya. Tapi nyatanya tidak, kondisi ini biasannya disebut sebagai 'Friendship Breakup'. Kok bisa ada putus pertemanan? Berikut ulasannya.

Adakah Alasan Friendship Breakup
Friendship breakup bisa terjadi karena banyak hal. Namun, hal ini bahkan lebih rumit daripada putus dengan pacar.

Ada beberapa alasan utama yang membuat kasus di atas bisa terjadi. Misalnya, kurangnya rasa percaya, kurang komunikasi, ngerasa enggak nyambung, masalah yang didiamkan saja, satu pihak merasa terbebani, nggak punya kesamaan, hingga satu pihak ngerasa disakiti.

Dari permasalahan keduanya, hal yang paling dihighlight adalah sikap Kim yang langsung melakukan ghosting tanpa berdiskusi terlebih dahulu meskipun mereka sebelumnya adalah teman baik. Lantas apakah boleh melakukan ghosting?

Apakah Boleh Melakukan Ghosting

Ilustrasi sahabat. (Pexels)
Ilustrasi sahabat. (Pexels)

Sebenarnya ghosting bukanlah tindakan yang salah. Namun, dalam beberapa hal bisa saja sikap ini adalah pilihan terbaik untuk diambil.

Merujuk pada situs Oprah, jika ghosting adalah satu-satunya jalan keluar setelah berbicara langsung yang tidak berhasil. Namun, ada juga loh cara meng-ghosting yang lebih manusiawi.

Masih melansir dari lama yang sama, hal pertama adalah melakukan white lies untuk menghindar seakan sedang sibuk. Cara itu lebih terlihat assertive dengan mengakui kalau diri kita yang menghindar.

Terakhir, memberi penjelasan agar diri sendiri terlihat lebih baik di depan orang lain hanya memperkeruh suasana saja dan beresiko berbalik menjadi masalah basar yang tak bisa dihindari.

Baca Juga: Wanita Ini Minta Penjelasan karena Kena Ghosting, Responsnya Mengejutkan

(Dyah Ayu Nur Wulan)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI