Es Teh Jumbo Naik Pamor saat Cuaca Panas, Waspadai Bahayanya!

Terlalu sering minum es teh jumbo di tengah cuaca panas bisa memicu masalah kesehatan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 27 November 2023 icon 18:15 WIB
Es Teh Jumbo Naik Pamor saat Cuaca Panas, Waspadai Bahayanya!

Sajian es teh (Pexels/Ebru Yılmaz)

Saat cuaca panas tak tertahankan, minuman dingin menjelma solusi terbaik. Salah satu jajanan yang belakangan semakin populer adalah es  teh jumbo.

Semakin banyak pedagang pinggir jalan yang menjual es teh jumbo. Selain menyegarkan, harganya juga murah sehingga orang-orang ketagihan untuk membelinya, bahkan setiap hari.

Walau begitu, terlalu sering minum es teh bisa membahayakan kesehatan, apalagi jika pembuatannya menggunakan banyak gula atau pemanis lainnya.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit, Dokter Zaidul Akbar: Cuma 7 Hari Tanpa Olahraga

Boleh minum es, tetapi jangan berlebihan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa bahaya kebanyakan minum es teh yang tidak sebaiknya kamu abaikan.

Sajian es teh (Pixabay/Uni Six)
Sajian es teh (Pixabay/Uni Six)

1. Memicu masalah kelebihan berat badan atau obesitas

Es teh biasanya dibuat dengan banyak gula yang tidak hanya membuatnya menjadi manis tetapi juga tinggi kalori. Inilah mengapa terlalu sering minum es teh disebut bisa menyebabkan seseorang mengalami obesitas. 

Baca Juga: Apakah Kamu Punya Masalah Kulit Sensitif? Begini Tips Melindunginya

Tak hanya itu, konsumsi gula yang berlebihan setiap hari bisa membuat seseorang terkena diabetes. Oleh karenanya, batasi asupan minuman manis, termasuk es teh jumbo.

2. Risiko gagal ginjal

Salah satu kandungan es teh manis yang perlu diwaspadai adalah asam oksalat. Konsumsi asam oksalat secara berlebihan akan mengakibatkan senyawa tersebut menumpuk di ginjal.

Kondisi tersebut akan mengganggu fungsi ginjal untuk menyaring darah, mengendalikan keseimbangan air, mengatur sel darah merah, dan mengatur tekanan darah dan kadar garam. Ini juga meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal.

3. Memicu Stroke

Dampak negatif terlalu banyak minum es teh adalah meningkatkan isiko stroke. Ini karena banyaknya kandungan gula dapat mendorong kadar trigliserida menjadi lebih tinggi.

4. Memicu penyakit jantung

Bukan hanya kopi, teh sebenarnya juga mengandung kafein. Seperti yang diketahui, asupan kafein yang berlebihan bisa berdampak buruk pada sistem kardiovaskular.

5. Menghambat penyerapan zat besi

Baca Juga: 4 Bahan Kimia Berbahaya Ini Jangan Sampai Ada di Produk Perawatan Andalanmu

Kandungan tanin dalam teh dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Ini terlebih saat proses mengangkut zat besi yang berasal dari sayuran. Jadi, tidak disarankan terlalu banyak minum es teh, apalagi setelah makan.

BERITA TERKAIT