Apa Itu Love Bombing? Romantis Kebangetan yang Ternyata Red Flag

Love bombing rupanya termasuk red flag yang sering terjadi dalam hubungan asmara.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 28 November 2023 icon 06:56 WIB
Apa Itu Love Bombing? Romantis Kebangetan yang Ternyata Red Flag

Ilustrasi pasangan romantis (Pexels/Katerina Holmes)

Hubungan yang terkesan romantis dan sikap super perhatian pasangan bisa membuat seseorang terlena. Padahal, bisa saja kamu justru terjebak dalam love bombing.

Apa Itu Love Bombing?

Love bombing adalah tindakan taktik manipulatif  yang dilakukan seseorang terhadap pasangan. Umumnya, pelaku membanjiri pasangan dengan cinta dan mengharapkan balasan perhatian dan kasih sayang serupa atau bahkan lebih besar.

Baca Juga: Putus Cinta? Simak 5 Tips Move On dari Mantan Pasangan

Love bombing bisa berupa manipulasi emosional dengan menghadirkan citra dari rasa cinta dan kasih sayang secara ideal, tetapi menurut si pelaku sendiri.

Ilustrasi kado Valentine. (Unsplash/Miroslava)
Ilustrasi hadiah untuk pasangan. (Unsplash/Miroslava)

Love bombing memiliki karakteristik yang berbeda dengan perhatian biasa. Kekaguman dan afeksi yang diberikan pelaku bertujuan membuat pasangan menjadi sosok bergantung dan penurut untuk mereka.

Love bombing adalah salah satu jenis red flag dalam hubungan asmara. Fenomena ini dinilai tidak sehat karena bisa menyulitkan orang lain dalam mempertahankan batasan yang ada.

Baca Juga: Pentingnya Effort dalam Hubungan Asmara, Simak 8 Tips untuk Melakukannya

Meski begitu, tak sedikit orang yang menganggap love bombing sebagai hal biasa pada fase pendekatan. Padahal, tidak seharusnya seperti perlu.

Pelaku love bombing biasanya bakal menghujani pasangan dengan perhatian yang berlebih dan mengharapkan pengakuan.

Love bombing sekilas tidak menimbulkan masalah. Pasalnya, siapa yang tidak suka diperhatikan pasangan?

Meski begitu, kamu perlu mengenali dan memahami ciri-ciri love bombing. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya.

Sering memberikan pujian yang berlebihan

Jika pasangan sering memujimu secara berlebihan, kamu ada baiknya waspada. Bisa saja itu merupakan bagian dari love bombing. Selain mendapatkan hatimu, dia juga ingin memanipulasi kamu.

Ingin selalu terhubung setiap saat

Waspada juga jika pasangan terlalu sering menelpon dan membanjirimu dengan pesan singkat seharian. Dia mungkin juga akan menjadi sangat rewel saat kamu tidak menanggapinya sesuai harapan.

Komunikasi memang penting. Meski begitu, upaya untuk selalu terhubungan secara berlebihan tanpa kenal waktu dan tempat malah bisa menjadi red flag.

Terlalu cepat dalam menjalani hubungan

Pasangan tampak sangat tergesa-gesa dalam menjalani hubungan. Misalnya, kalian baru 1-2 hari kenal, tetapi dia sudah mengajakmu berpacaran. Begitu jadian, dia juga begitu cepat membahas indahnya pernikahan.

Terlalu sering memberimu hadiah

Love bombing selalu melibatkan gestur yang berlebihan, termasuk soal pemberian hadiah. Saling memberikan hadiah pada momen spesial adalah hal wajar. Bikin kejutan sesekali pun boleh-boleh saja.

Baca Juga: 8 Tanda Pasangan Red Flag, Bahaya untuk Kesehatan Mental

Namun, orang dengan karakter love bombing melakukannya secara di luar batas. Tujuannya adalah memanipulasi pasangan agar merasa berutang padanya. (*Gigih Persada Putra Mahmud)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI