5 Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warnanya, Ketahui Bahasa Cinta yang Tersembunyi di Baliknya

Kamu pernah dikasih bunga mawar warna apa? Cari tahu maknanya!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 29 November 2023 icon 10:30 WIB
5 Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warnanya, Ketahui Bahasa Cinta yang Tersembunyi di Baliknya

Ilustrasi bunga mawar merah. (Pixabay/FoYu)

Bunga sering digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang. Bunga mawar adalah salah satu yang paling sering dijadikan hadiah untuk pasangan.

Bunga mawar memilki lebih dari satu warna seperti merah, putih, hitam, kuning, biru, dan lainnya. Setiap warna yang dimiliki bunga mawar memiliki makna-makna tersendiri.

Mawar merupakan tumbuhan perdu dengan batang yang berduri. Tumbuhan ini memiliki wangi yang khas dan warna indah.

Baca Juga: Mulai Bosan? Ini 5 Cara Mencegah Lost Interest dalam Hubungan Asmara

Dilansir dari surprose.com, bunga digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang sejak ribuan tahun lalu. Berikut ini arti bunga mawar berdasarkan warnanya.

Bunga mawar. (Unsplash/Mel)
Bunga mawar. (Unsplash/Mel)

1. Mawar Hitam

Mawar hitam memberikan makna dan nuansa tentang akhir dari sebuah periode kehidupan, yakni kematian. Mawar hitam juga digunakan untuk melambangkan akhir dari sebuah hubungan asmara.

Baca Juga: Apa Itu Love Bombing? Romantis Kebangetan yang Ternyata Red Flag

Suasana gelap dan kelam mampu dipresentasikan dengan mawar hitam. Selain itu, mawar hitam sering digunakan menjadi hiasan interior maupun eksterior bertema gothic.

2. Mawar Putih

Mawar putih merupakan simbol keanggunan, kepercayaan, kepolosan, kemurnian kesetiaan, dan rasa hormat. Mawar putih sering digunakan dalam buket pengantin dan menjadi penghias di hampir setiap resepsi pernikahan.

Selain ungkapan cinta, bunga mawar putih bisa menjadi hadiah untuk pelanggan baru, tetangga anyar yang baru pindah, dan sebagainya.

3. Mawar Biru

Mawar biru bisa dibilang paling ajaib karena melambangkan misteri. Mawar berwarna biru sebenarnya tidak ada, tetapi dibuat dari mawar putih yang menjadi kebiru-biruan.

Biru melambangkan mimpi yang tak terwujud, termasuk cinta yang tidak bisa terwujudkan. Meski begitu, mawar biru bisa memukau penerimanya karena keindahan yang luar biasa.

4. Mawar Kuning

Pada zaman dahulu, warna kuning sering dikaitkan dengan perselingkuhan. Namun, saat ini mawar kuning bermakna kekuatan, persahabatan, dan kasih sayang.

Mawar kuning juga memberikan nuansa hangat dan hati yang bahagia. Mawar kuning sangat cocok dijadikan hiasan di ruang tamu.

5. Mawar Merah

Hampir di seluruh dunia, mawar merah dikenal sebagai simbol cinta dan romansa. Mawar merah mampu menyalurkan perasaan cinta kepada orang-orang terkasih.

Bunga mawar merah sangat cocok diberikan kepada pasangan. Momen romantis seperti pernikahan, hari kasih sayang, dan lamaran, bahkan terasa kurang lengkap apabila tidak ada mawar merah.

Baca Juga: Dia Suka Kamu atau Tidak? Cari Tahu Ciri-Ciri Wanita yang Menutupi Perasaannya

Itulah sekilas pembahasan mengenai arti bunga mawar berdasarkan warna-warnanya. Semoga bermanfaat! (*Muhamad Iqbal Fathurahman)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI