5 Tips Menjaga Hubungan agar Tetap Langgeng, Saling Menghargai dan Jangan Posesif!

Bagaimana cara menjaga hubungan asmara agar tetap langgeng? Berikut beberapa tipsnya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 29 November 2023 icon 11:30 WIB
5 Tips Menjaga Hubungan agar Tetap Langgeng, Saling Menghargai dan Jangan Posesif!

Ilustrasi pasangan romantis. (Unsplash/Joel Overbeck)

Banyak orang merasa hidupnya menjadi lebih lengkap jika memiliki pasangan. Penting untuk menemukan pasangan yang cocok dan bisa saling memahami agar hubungan tetap langgeng.

Dalam pencarian cinta sejati, sering kali kita mengalami kegagalan. Hubungan yang tadinya diharapkan mampu bertahan sampai akhir hayat, malah kandas di tengah jalan.

Dilansir dari betterhelp.com, terdapat beberapa alasan umum yang membuat pasangan memutuskan mengakhiri hubungan. Tak hanya perselingkuhan dan rasa cinta yang memudar, tetapi juga kurangnya effort serta pertengkaran yang tak ada habisnya.

Baca Juga: Apa Itu Love Bombing? Romantis Kebangetan yang Ternyata Red Flag

Bagaimana agar hubungan asmara bisa bertahan lama? Berikut beberapa tips menjaga hubungan agar tetap langgeng.

Ilustrasi pasangan kekasih. (Unsplash/Dani Vivanco)
Ilustrasi pasangan kekasih. (Unsplash/Dani Vivanco)

1. Bersikaplah Komunikatif

Kamu mesti belajar untuk mengungkapkan perasaanmu secara lebih terbuka kepada pasangan. Jika terdapat perilaku atau sikap dari pasangan yang membuatmu sedih, bicarakan saja.

Baca Juga: Dia Suka Kamu atau Tidak? Cari Tahu Ciri-Ciri Wanita yang Menutupi Perasaannya

Komunikasi yang sehat dapat membantu kamu dan pasangan menjadi pribadi lebih baik. Ini juga sekaligus menjadi kunci hubungan yang bertahan lama.

2. Beri Ruang untuk Tumbuh

Hidup ini bukan hanya tentang punya pasangan. Jadi, kamu tetap perlu memberikan ruang untuk pasangan maupun dirimu sendiri agar bisa fokus terhadap pekerjaan, keluarga, dan teman.

Jangan terlalu bergantung kepada pasangan. Jalani kehidupan masing-masing, nikmati kebersamaan, dan berikan saran saat diminta untuk membangun hubungan jangka panjang.

3. Hargai Perbedaan Pendapat

Pertengkaran dalam hubungan asmara bukan perkara menang atau kalah, melainkan pertarungan melawan ego masing-masing.

Maka dari itu, penting untuk menurunkan ego dan mendengarkan pendapat pasangan. Perbedaan pendapat terkadang malah bisa memberikan sudut pandang yang lebih baik.

4. Kepercayaan Kunci Hubungan Sehat

Tingkat kepercayaan yang rendah terhadap pasangan menimbulkan rasa cemburu dan curiga. Oleh karena itu, penting untuk memberi kepercayaan kepada pasangan agar dapat terjalin hubungan yang langgeng dan sehat.

Berlaku jujur juga dapat memberikan kepercayaan kepada pasanganmu. Saling percaya satu sama lain menjadi penanda bahwa hubungan akan bertahan lama.

5. Quality Time

Luangkan waktu bersama pasangan dengan melakukan kegiatan yang mempererat ikatan emosional, seperti menonton film dan jalan-jalan. Sisihkan waktu dari rutinitas harian dan fokus pada kebersamaanmu dengannya.

Tidak perlu mewah, segala hal akan menjadi istimewa jika dilakukan bersama pasangan tercinta. Nikmati dan syukuri setiap detik kebersamaan yang dilalui.

Baca Juga: 8 Tanda Pasangan Red Flag, Bahaya untuk Kesehatan Mental

Itulah beberapa tips menjaga hubungan agar tetap langgeng. Semoga bermanfaat! (*Muhamad Iqbal Fathurahman)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI