5 Tips Sukses Long Distance Marriage, Jangan Nodai Komitmen Pernikahan

Ada beberapa hal yang penting diterapkan dalam menjalani long distance relationship (LDM).

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 05 Desember 2023 icon 08:30 WIB
5 Tips Sukses Long Distance Marriage, Jangan Nodai Komitmen Pernikahan

Ilustrasi pasangan bermesraan di sofa (Pexels/cottonbro studio)

Long distance marriage (LDM) bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan long distance relationship (LDR). Hanya saja, LDM berlaku saat pasangan telah menikah, sedangkan LDR untuk hubungan pacaran.

Salah satu yang diharapkan dari pernikahan adalah bisa hidup bersama pasangan untuk selalu berbagi suka dan duka. Namun, bagaimana jika harus LDM?

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab pasangan memutuskan untuk menjalani LDM. Banyak pasangan yang mesti hidup terpisah sementara karena lanjut studi di luar negeri. Ada pula orang-orang dengan pekerjaan yang mungkin memang tidak memungkinkan untuk membawa serta keluarga.

Baca Juga: Pejuang LDR Harus Tahu, 4 Kunci Sukses Menjalani Hubungan Jarak Jauh

Ilustrasi pernikahan. (Pexels/Danu Hidayatur Rahman)
Ilustrasi pernikahan. (Pexels/Danu Hidayatur Rahman)

Masalah paling mendasar yang dialami pejuang LDM adalah rasa rindu yang bisa meledak sewaktu-waktu. Untungnya, perkembangan teknologi memudahkan komunikasi hubungan jarak jauh.

Perkara lain yang kerap bikin ketar-ketir adalah kesetiaan. Bagaimanapun, pasangan mesti saling menjaga kepercayaan dan komitmen agar pernikahan tetap harmonis dan langgeng.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips untuk menjalani long distance marriage. Simak baik baik, ya!

Baca Juga: Sebelum Viral Pernikahan Rp75 Miliar, Anak CEO Air Asia Pamer Jam Tangan Rp6 Miliar

Komitmen

Tetap fokus terhadap hal-hal positif yang kalian dapatkan selama masa LDM. Ingatlah tujuan awal dan alasan mengapa LDM menjadi pilihan utama.

Komunikasi

Komunikasi yang baik adalah hal penting dalam hubungan apa pun, termasuk LDM. Sesibuk apa pun, sempatkan dirimu untuk berkomunikasi dengan pasangan.

Simpan memori indah bersama pasangan

Mengingat memori indah bersama pasangan nyatanya dapat menjaga kedekatan secara psikologis. Salah satu caranya adalah menyimpan foto bersama atau meletakkan di tempat yang sering terlihat.

Selalu jujur pada pasangan

Saling menjaga kepercayaan merupakan dasar utama dalam suatu hubungan. Jadi, cobalah untuk percaya dan jujur pada pasangan, terlebih saat menjalani masa LDM yang lama.

Tetap membuka diri untuk berkembang

Menjaga perasaan pasangan memang penting, tetapi jangan sampai membuat kamu melupakan kemampuan dan jati dirimu sendiri.

Hadapilah LDM ini secara positif dengan selalu menjaga komunikasi yang baik, tetap beraktivitas seperti biasa, dan terus gapai mimpi-mimpimu.

Baca Juga: 7 Tanda Perempuan Berharap Segera Diajak Menikah, Kapan Mau Lamaran?

Berjuang menghadapi kesendirian dan menjaga kesetiaan saat menjalani hubungan LDM memang bukanlah hal mudah. Namun dengan keyakinan, kepercayaan, kejujuran, serta komunikasi yang baik, kamu dan dia pasti bisa. (*Gigih Persada Putra Mahmud)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI