Mau Liburan Bareng Hewan Peliharaan? Perhatikan 4 Hal Ini

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum pergi liburan dengan mengajak hewan peliharaan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 14 Desember 2023 icon 19:00 WIB
Mau Liburan Bareng Hewan Peliharaan? Perhatikan 4 Hal Ini

Ilustrasi mengajak anjing peliharaan liburan bersama. (Freepik/senivpetro)

Liburan akhir tahun sudah semakin dekat. Mau jalan-jalan ke mana? Kamu mungkin masih ragu untuk melakukan perjalanan karena tidak ingin meninggalkan hewan peliharaan di rumah.

Kata siapa tidak bisa mengajak hewan peliharaan liburan bareng? Kini sudah semakin banyak penginapan dan tempat wisata yang ramah hewan peliharaan.

Namun, tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum wisata bersama hewan kesayangan. Dilansir dari News18, berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: Seru Banget! 5 Hotel Ini Cocok untuk Liburan Bareng Hewan Peliharaan

1. Menyiapkan perlengkapan hewan peliharaan

Tahapan ini tentu tidak boleh dilewatkan. Hewan peliharaan membutuhkan berbagai perlengkapan mereka sendiri, misalnya handuk, makanan, tali, mangkuk, tas, mainan, dan lainnya. Penting untuk mempersiapkan segalanya agar tidak repot di lokasi wisata.

Ilustrasi mengajak kucing peliharaan liburan bersama. (Freepik)
Ilustrasi mengajak kucing peliharaan liburan bersama. (Freepik)

2. Perhatikan kondisi kesehatan hewan

Baca Juga: 4 Tips Mendapatkan Waktu Tidur Berkualitas, Libatkan Hewan Peliharaan Kesayangan

Kamu juga harus memerhatikan kondisi kesehatan hewan peliharaan. Inilah mengapa penting juga untuk membawa obat-obatan dan vitamin sebagai antisipasi. Jika hewan peliharaan tidak sehat, jangan dipaksa.

Penting juga untuk memperhatikan kondisi hewan peliharaan selama perjalanan. Mereka mungkin saja mabuk kendaraan jika tidak terbiasa.

3. Pahami aturan perjalanan

Beberapa transportasi umum biasanya memiliki peraturan khusus terkait membawa hewan peliharaan. Ada juga yang sama sekali tidak mengizinkan penumpang membawa hewan peliharaan. Oleh karennya, sebelum memesan tiket transportasi, cari tahu dan pahami dulu aturannya.

Kamu juga perlu mengecek penginapan atau hotel yang akan disinggahi. Pastikan dulu apakah di sana boleh membawa hewan peliharaan atau tidak.

4. Membawa sertifikat vaksinasi

Sertifikat vaksinasi adalah hal penting bagi hewan peliharaan, terlebih saat melakukan perjalanan. Jadi, siapkan dokumennya sebelum membawa hewan peliharaan berwisata.

Baca Juga: 10 Cara Tidur Hewan Peliharaan, Temukan Maknanya!

Sertifikat vaksinasi bisa ditunjukkan pada pihak transportasi atau hotel sebagai bukti bahwa hewan peliharaan sehat dan terbebas dari berbagai penyakit.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI