Belum Dipertemukan dengan Jodoh yang Baik? Jangan Galau, Ini Kata Buya Yahya

Ada beberapa waktu penting untuk memanjatkan doa lancar jodoh.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 17 Desember 2023 icon 14:30 WIB
Belum Dipertemukan dengan Jodoh yang Baik? Jangan Galau, Ini Kata Buya Yahya

Ilustrasi perempuan berhijab (Freepik)

Banyak orang merasa tidak semudah itu bertemu jodoh yang diharapkan. Rasanya sudah melakukan berbagai cara untuk punya pasangan, tetapi ternyata tak kunjung dipertemukan dengan jodoh yang baik.

Dalam Islam, jodoh sebenarnya sudah ditentukan oleh Allah SWT dan menjadi rahasia Ilahi selain maut, nasib, dan rezeki. Oleh karenanya, umat muslim dianjurkan untuk ikhlas serta terus berdoa dan berusaha agar didekatkan dengan jodohnya oleh Allah SWT. 

Pada unggahan video akun YouTube Al-Bahjah TV, Buya Yahya mengingatkan agar jangan pernah berkecil hati jika merasa belum ada seseorang yang mendekat. Sebab, hal itu justru berbahaya dan bisa menjerumuskan seseorang dengan jodoh yang salah. 

Baca Juga: Doa sebelum Memasak, Makanan yang Disajikan Jadi Lebih Berkah

"Justru sebelum ada yang dekat, (kita) masih bisa memilih. (Tapi) kalau sudah ada yang dekat, nanti (kita akan berpikir) dia saja dengan segala kekurangannya," ungkap Buya Yahya.

"Jadi kalau mau menikah, jangan karena dekat dulu. Anda milih yang benar, free, bebas otak Anda dari si dia, si dia, dan si dia," lanjutnya.

Jika Anda sudah memiliki keinginan untuk menikah, dan ternyata syahwat sudah sering bangkit dan tak lagi tertahankan, lihatlah orang-orang baik yang dekat pada agama di sekitar Anda.

Baca Juga: Doa Lancar Jodoh, Ini Bacaan yang Bisa Dipanjatkan Sambil Terus Memantaskan Diri

Buya Yahya lalu memaparkan, seseorang dapat memilih mana yang dikehendaki sebelum memiliki kedekatan. Selain itu, sampaikan pada orang-orang yang saleh untuk menyambungkan hubungan dengan orang yang dikehendaki itu.

"Caranya apa? Lihat orang sedunia ini sebanyak-banyaknya. Manusia sejagad, Anda pilih satu. Jangan sampai kau ikat hati pada seseorang yang menjadikan Anda tidak bisa memilih lagi," ucap Buya Yahya.

Sang ulama juga mengungkapkan, "Lihat laki-laki yang baik, lalu pesan pada orang-orang soleh bagaimana sambungan saya dengan dia. Jangan menunggu dekat dulu, nanti bisa saling membohongi satu sama lain."

Adapun soal doa lancar jodoh, kata Buya Yahya, bisa dilakukan pada waktu-waktu penting yang dijanjikan Allah akan dikabulkan. Selanjutnya, jangan lupa untuk berusaha. 

Baca Juga: Doa Meluluhkan Hati Mertua, Pengantin Baru Perlu Tahu

"Adapun doanya adalah setelah Anda sedekah, doa di tengah malam, doa setelah istighfar, itulah doa-doa yang akan dikabul oleh Allah SWT. Tapi tidak cukup dengan doa, tapi berusahalah dengan cara yang mulia," tandasnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI