Rekomendasi 6 Wisata Sungai Terindah di Indonesia, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Wisata sungai tak kalah seru dari destinasi piknik lainnya. Berikut beberapa rekomendasinya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 18 Desember 2023 icon 15:30 WIB
Rekomendasi 6 Wisata Sungai Terindah di Indonesia, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Ilustrasi sungai. (Pixabay/Free-Photos)

Mau liburan ke mana akhir tahun ini? Jika masih bingung, mungkin bisa mempertimbangkan tempat wisata yang mengangkat potensi dan keindahan sungai.

Wisata sungai bisa menjadi opsi liburan seru. Dilansir dari Suara.com, berikut rekomendasi wisata sungai dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

1. Sungai Mahakam

Baca Juga: Mau Liburan Bareng Hewan Peliharaan? Perhatikan 4 Hal Ini

Terletak di Kalimantan Timur, sungai terpanjang kedua di Indonesia ini memang cukup populer. Sungai sepanjang 920 kilometer ini adalah rumah bagi banyak hewan langka, salah satunya lumba-lumba air tawar atau dikenal dengan Pesut Mahakam. Kamu juga bisa melihat raja udang, burung enggang, bangau, lutung, hingga berang-berang.

2. Sungai Asahan

Sungai Asahan bisa dibilang merupakan primadona destinasi wisata air di Sumatera Utara. Sungai ini juga menjadi incaran pecinta wisata arung jeram.

Baca Juga: 4 Zodiak Paling Beruntung saat Liburan Akhir Tahun 2023, Ada yang Naik Gaji!

Sungai Asahan rupanya termasuk wisata spot arung jeram terbaik ketiga di dunia. Tak perlu khawatir jika kamu masih pemula. Selain pemandu profesional, ada beberapa spot dan level jeram yang bisa dipilih.

3. Sungai Maron

Daya tarik sungai yang terletak di Pacitan, Jawa Timur ini adalah pemandangan dan suasanya yang disebut-sebut mirip Sungai Amazon.

Walau harus melewati medan yang cukup menanjak dan curam, wisatawan bakal merasakan pengalaman liburan yang seru.

4. Sungai Ayung

Tak hanya pantai dan laut, Bali juga punya destinasi wisata sungai yang menarik disusuri, salah satunya Sungai Ayung. Sungai terpanjang di Bali itu berlokasi di Kedewatan Ubud ini menawarkan tempat arum jeram dengan enam tingkat kesulitan.

5. Sungai Cukang Taneuh

Berlokasi di Pangandaran, Jawa Barat, Sungai Cukang Taneuh lebih populer dikenal Green Canyon. Dalam bahasa setempat, Cukang Taneuh berarti "jembatan tanah". Ini merujuk pada jembatan alami yang berasal dari tanah dan melintang di atas Sungai Cijulang.

Wisatawan bisa naik perahu sambil telusur Sungai Cijulang. Sepanjang perjalanan, nikmati keindahan alam yang disajikan, termasuk eksotisme gua yang dipenuhi stalaktit dan stalakmit.

6. Sungai Musi

Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatera. Saat mengunjungi sungai di Palembang ini, jangan lupa sempatkan waktu mampir ke Pulau Kemaro yang lokasinya berada di tengah Sungai Musi.

Baca Juga: Cara Mencegah Kulit Kusam saat Liburan, Dokter Sarankan Perawatan Injeksi

Ada beberapa objek wisata menarik di Pulau Kemaro, antara lain Pagoda, Klenteng Hok Tjing Rio, atau Pohon Cinta.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI