Sayembarasa, Ratusan Pelaku UMKM Berkompetisi Raih Hadiah 4M

Jumlah peserta Sayembarasa mencapai 500 pelaku UMKM di bidang kuliner.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 19 Desember 2023 icon 08:30 WIB
Sayembarasa, Ratusan Pelaku UMKM Berkompetisi Raih Hadiah 4M

Ilustrasi membuat poffertjes (Unsplash/James Dant)

Berkomitmen memajukan dan mensejahterakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Wahyoo kembali menggelar Sayembarasa. Para pengusaha bisnis kuliner bisa menyuguhkan menu andalan serta model bisnis mereka untuk berkesempatan memenangkan hadiah 4M alias Money, Mentoring, Management Tools dan Market Access.

Rangkaian Sayembarasa dibagi ke dalam dua tahap. Tahap pendaftaran telah dibuka pada 1-5 Desember 2023. Ada 500 peserta yang mendaftar berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari wilayah Jawa, Sumatera, hingga Sulawesi.

Pada tahap kedua, Wahyoo memilih 40 peserta untuk lanjut melakukan presentasi bisnis atau Pitch Day & Food Test yang dibagi menjadi dua hari, yakni 14-15 Desember 2023. Setiap peserta memaparkan materi presentasi yang berisi detail menu, kekuatan produk, model bisnis, saluran penjualan dan pendapatan selama 2-3 tahun terakhir.

Baca Juga: Mau Nongkrong Cantik sambil Jajan Croissant Enak? Berburu Promo di Cafe-Bakery Ini yuk!

"Melihat potensi dan kontribusi usaha UMKM kuliner yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional, Wahyoo ingin terus berinovasi dan menjadi bagian dalam memajukan UMKM Kuliner di Indonesia. Program Sayembarasa adalah wujud konkret langkah Wahyoo dalam memberdayakan UMKM Kuliner, menjaring dan mencari role model pengusaha kuliner berbakat di Tanah Air," ungkap Peter Shearer, Founder & CEO Wahyoo, Senin (18/12/2023), dikutip dari siaran pers yang diterima Dewiku.com.

Dewa Eka Prayoga, Founder Billionaire Coach, rurut hadir sebagai juri yang memberikan penilaian dalam babak Pitch Day & Food Test.

"Langkah Wahyoo menggelar Sayembarasa patut diapresiasi. Hal ini bisa menjadi motivator sekaligus katalis positif bagi pertumbuhan UMKM Kuliner di Indonesia. Berbekal pengalaman yang kami miliki, kami yakin bisa membawa UMKM Indonesia menjadi lebih maju karena kami percaya bahwa UMKM Indonesia sebagai produk lokal memiliki potensi tinggi untuk bersaing dengan produk-produk luar negeri," paparnya.

Baca Juga: Intens 5 Bulan, Ribuan Pengusaha UMKM Perempuan Dapat Pelatihan Paket Lengkap

Baca Juga: Daftar 10 Sekolah Masak Terbaik di Dunia, Termasuk Le Cordon Bleu yang Cetak Banyak Pemenang MasterChef Indonesia

Setelah Pitch Day & Food Test selesai,  para juri akan menentukan beberapa UMKM terpilih untuk mendapatkan 4M. Harapannya, UMKM bisa memperoleh banyak keuntungan tambahan bagi bisnisnya. Bukan hanya mendapat pendanaan, tetapi juga pengembangan usaha, program pendampingan serta management tools untuk meningkatkan atau mempermudah operasional bisnis dan akses pasar sehingga memperluas jangkauan bisnis dan pasar UMKM.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI