Viral Momen Anissa Azizah Momong Anak di Pesawat, Ini Tips agar si Kecil Tidak Rewel

Anissa Azizah tampak begitu sabar dan telaten saat menenangkan anaknya di pesawat.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 19 Desember 2023 icon 13:30 WIB
Viral Momen Anissa Azizah Momong Anak di Pesawat, Ini Tips agar si Kecil Tidak Rewel

Anissa Aziza (Instagram/anissaaziza)

Liburan akhir tahun bersama keluarga memang menyenangkan. Momen ini juga tak ingin dilewatkan Raditya Dika dan istrinya, Anissa Aziza, yang mengajak dua buah hatinya berlibur ke Bali.

Baru-baru ini, Raditya Dika mengunggah video yang memperlihatkan momen keberangkatan istri dan dua anaknya ke Bali naik pesawat. Ternyata, Raditya Dika berangkat terpisah dengan keluarga kecilnya itu.

"Ketika bapaknya berangkat dari Jogja, sementara anak-istri dari Jakarta. Ketemunya di Bali," ungkap Raditya Dika dalam unggahannya di Instagram, Senin (18/12/2023).

Baca Juga: Mau Liburan ke Luar Negeri Bareng Anak? Perhatikan 3 Hal Ini

Anissa Aziza dan dua anaknya duduk di kelas bisnis. Guna mencegah anak-anaknya rewel selama penerbangan, Anissa Aziza pun melakukan briefing pada Alea dan Aca. Dia dengan telaten memberikan arahan tentang cara duduk yang tenang, cara berbicara di dalam pesawat, hingga tata krama memanggil ibunya saat penerbangan.

"Nanti kalau mau sesuatu, ngomongnya pelan-pelan. Jangan teriak-teriak. Kalau perlu sesuatu, panggil mama. Mama pasti langsung datang. Bisa?" kata Anissa kepada Aca.

Aca sempat mengungkapkan bahwa dirinya dingin dipangku sang ibu. Namun, Anissa Aziza segera memberikan pengertian pada bocah 3 tahun itu.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Wisata Sungai Terindah di Indonesia, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

"Nggak bisa. Ini cukup untuk satu orang. Mama udah lama banget bilang sama Aca, sama kakak juga, duduk sendiri di pesawat, ya," tuturnya.

Belajar dari momen yang diperlihatkan keluarga Raditya Dika, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat menempuh perjalanan udara bersama anak-anak? Dilansir dari Suara.com, berikut beberapa tipsnya.

1. Memilih jadwal penerbangan

Pilih jadwal penerbangan yang sesuai dengan jadwal istirahat atau jam tidur anak. Penerbangan malam lebih disarankan.

2. Pesan tempat duduk bersama

Sebisa mungkin, pesan tempat duduk yang berdekatan sehingga memudahkan dalam mengurus si anak dan memberikan kenyamanan lebih selama perjalanan.

3. Siapkan barang bawaan yang dibutuhkan anak

Jangan sampai lupa membawa hal-hal penting, misalnya misalnya popok, baju ganti, mainan favorit, makanan, dan minuman.

4. Kenalkan anak dengan bagian-bagian pesawat

Sebelum penerbangan, akan lebih baik jika orang tua menjelaskan kepada anak tentang perjalanan naik pesawat. Gunakan buku atau cerita pendek yang mendeskripsikan apa itu pesawat agar bisa lebih mudah memahami.

5. Gunakan alat pembatas suara

Alat pembatas suara seperti headphone berfungsi melindungi anak dari suara mesin pesawat atau suara bising lainnya yang mungkin membuat mereka tak nyaman.

6. Beri anak kesempatan untuk bergerak di dalam pesawat

Tak semua anak suka duduk diam. Orang tua bisa mengizinkan anak untuk berdiri atau berjalan-jalan sebentar saat lampu peringatan sabun pengaman sedang dimatikan.

7. Pertahankan rutinitas tidur

Pada perjalanan yang melibatkan perbedaan zona waktu, coba pertahankan rutinitas tidur anak sebanyak mungkin guna membantu mereka lebih mudah beradaptasi.

8. Siapkan obat-obatan penting

Jangan lupa bawa obat-obatan penting, seperti obat demam atau anti-mual. Jika perlu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak mengenai obat-obatan apa saja yang sebaiknya disiapkan.

9. Ajak anak berkemas bersama

Orang tua bisa melibatkan anak dalam persiapan liburan, misalnya sesi berkemas. Biarkan anak memutuskan sendiri mengenai pakaian atau mainan apa yang mau dibawa.

10. Berikan pujian dan hadiah

Baca Juga: Mau Liburan Bareng Hewan Peliharaan? Perhatikan 4 Hal Ini

Jika anak bersikap baik selama perjalanan, beri pujian dan hadiah kecil untuknya. Hal sederhana ini bisa memberikan dorongan positif agar anak tetap bersikap baik ke depannya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI