6 Tips Diet Sehat untuk Ibu Menyusui, Jangan Batasi Asupan Makanan

Ibu menyusui bisa menjalani diet sehat dan aman untuk mengatasi masalah kelebihan berat badan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 09 Januari 2024 icon 15:00 WIB
6 Tips Diet Sehat untuk Ibu Menyusui, Jangan Batasi Asupan Makanan

Ilustrasi ibu menyusui. (Unsplash/Kevin Liang)

Belum lama ini, Aurel Hermansyah mendapatkan body shaming terkait bentuk tubuhnya yang tampak berisi setelah melahirkan. Atta Halilintar pun langsung pasang badan membela istrinya.

"Dia memperjuangkan susu ASI buat anaknya, dan dia nggak boleh diet. Dia harus makan makanan yang bergizi, makan sering-sering, karena cepat lapar. Menyusui anak itu nggak mudah, kan," ucap Atta lewat unggahan video TikTok.

Memang tidak mudah bagi ibu menyusui untuk menurunkan berat badan. Jika memang ingin melakukannya, harus benar-benar memilih diet yang tepat dan sehat agar tidak mengganggu produksi ASI maupun kesehatan sang ibu.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bikin Orang Tega Lakukan Body Shaming, Iri Tanda Tak Mampu?

Dilansir dari Hellosehat, sebenarnya ibu menyusui bisa melakukan diet atau pengaturan pola makan sebagai upaya penurunan berat badan. Namun, jangan sampai malah menimbulkan dampak buruk bagi diri sendiri dan bayi.

Apa saja yang perlu diperhatikan ibu menyusui untuk menjaga berat badan? Berikut beberapa tipsnya.

1. Jangan membatasi konsumsi makanan

Baca Juga: Atta Halilintar Pasang Badan untuk Aurel Hermansyah, Ini 3 Peran Ayah Dukung Ibu Menyusui

Pastikan asupan nutrisi harian ibu menyusui tidak kurang dari angka kecukupan gizi, terutama soal jumlah kalori. Jika kurang, malah bisa berisiko menghambat produksi ASI.

2. Kurangi asupan makanan secara bertahap

Jangan kurangi porsi makanan secara drastis dan tiba-tiba karena bisa membuat produksi ASI ikut menurun. Lebih baik kurangi porsi makan sedikit demi sedikit dan secara bertahap. Walau porsinya berkurang, tetap pastikan asupan gizi yang masuk tidak kurang dari kebutuhan yang dianjurkan.

3. Lakukan diet 6-8 minggu setelah melahirkan

Sebaiknya jangan buru-buru diet. Pada awal masa menyusui, tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk mempercepat pemulihan pascamelahirkan. Diet ibu menyusui aman dilakukan setidaknya 6-8 minggu setelah melahirkan.

4. Menyusui sesering mungkin

Semakin sering menyusui, semakin banyak pula ASI yang diproduksi. Selain itu, pemberian ASI eksklusif secara teratur bisa meningkatkan penurunan berat badan pada ibu menyusui.

5. Konsumsi makanan sehat

Alih-alih cuma mengurangi porsi makan, cobalah ubah cara memasak makanan. Misalnya, ganti kebiasaan konsumsi makanan yang digoreng menjadi rebusan atau kukus. Cara ini dapat memotong sejumlah kalori yang didapatkan dari minyak.

Perbanyak juga konsumsi buah-buahan dan sayuran, makanan makanan berserat, pilih protein rendah lemah, dan banyak minum air putih.

6. Lakukan olahraga secara teratur

Bukan hanya membantu menurunkan berat badan, olahraga secara teratur juga bisa membantu ibu menyusui menghilangkan stres, bahkan tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Cerita Kahiyang Ayu Turunkan Berat Badan hingga 30 Kg, Ini Rahasia Suksesnya

Tak perlu memilih olahraga yang terlalu berat. Pilih olahraga ringan saja, misal berjalan santai sambi mendorong kereta bayi minimal 150 menit dalam seminggu atau 30 menit per hari.

BERITA TERKAIT