Resep Smoothie ala Sophia Latjuba, Pakai Sirup Maple Gantinya Gula Biasa

Apakah sirup maple lebih sehat dari gula biasa?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 11 Januari 2024 icon 17:45 WIB
Resep Smoothie ala Sophia Latjuba, Pakai Sirup Maple Gantinya Gula Biasa

Sophia Latjuba (Instagram/sophia_latjuba88)

Meski usianya sudah kepala lima, penampilan Sophia Latjuba sungguh awet muda. Dia juga memiliki tubuh ramping dengan kulit sehat. Kira-kira, apa rahasianya?

Kecantikan Sophia Latjuba tidak didapatkan secara instan. Dia terkenal telah lama menjalani gaya hidup sehat. Tidak hanya menjaga pola makan, tetapi juga olahraga teratur.

Mau coba meniru pola makan ibunda Eva Celia? Kamu bisa mulai dengan membuat smoothie ala Sophia Latjuba. Lewat unggahan Instagram storu, baru-baru ini Sophia Latjuba mengungkap salah satu resep smoothie yang dia sukai.

Baca Juga: Resep Seblak Rafael yang Paling Dicari Sepanjang Tahun 2023, Rasanya Terbukti Bikin Ketagihan

"Pisang, strawberries, sedikit mangga, a dash of mapple syrup, graffed milk," ungkapnya.

Sophia Latjuba tampaknya sering membikin smoothie dengan bahan-bahan serupa, tapi kali ini dia menilai rasanya lebih enak dari biasanya.

"Is it just me or do the masszymes make this smoothie taste so much better?"

Baca Juga: Resep Brownies Kukus Tanpa Mixer, Sajikan saat Rayakan Natal Bersama Orang Tercinta

Resep smoothie Sophia Latjuba. (dok. Instagram)
Smoothie sehat ala Sophia Latjuba. (Instagram)

Saat membuat smoothie, Sophia Latjuba diketahui mengganti gula pasir dengan sirup maple sebagai pemanis. Sirup maple sendiri dinilai lebih sehat dari gula pasir berkat adanya kandungan kalsium, kalium, mangan, zinc, dan zat besi.

Selain itu, ada banyak manfaat sirup maple untuk kesehatan. Dilansir dari Alodokter , berikut beberapa di antaranya.

1. Membantu menangkal radikal bebas

Studi mengungkap bahwa sirup maple mengandung 24 jenis zat antioksidan, senyawa penting yang bermanfaat dalam melawan radikal bebas dan mengurangi kerusakan oksidatif pemicu terjadinya berbagai penyakit.

2. Meningkatkan imunitas

Sirup maple punya kemampuan melawan bakteri berbahaya, bahkan dalam jumlah banyak. Selain itu, sirup maple mengandung zinc yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. 

3. Baik untuk kesehatan otak

Konsumsi sirup maple secukupnya juga diyakini bantu menjaga kesehatan otak. Adanya senyawa antioksidan mampu mencegah penggumpalan protein tertentu di otak yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer.

Kadar mangan dalam sirup maple juga terbilang tinggi. Manfaatnya pun berkaitan dengan mendukung kesehatan sistem saraf dan fungsi otak.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Pada penelitian yang dilakukan terhadap hewan, sirup maple terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bahan pemanis ini juga dikatakan berpotensi mencegah peradangan hati. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian dan uji klinis lebih lanjut terkait hal ini.

5. Mendukung kesehatan tulang

Kandungan mangan pada sirup maple juga baik untuk perkembangan dan pemeliharaan kesehatan tulang. Selain itu, mineral ini bisa membantu mengurangi peradangan, mengatur kadar gula darah, dan menjaga metabolisme nutrisi.

Baca Juga: Resep Chocolate Mousse, Cocok Disajikan saat Rayakan Natal Bersama Keluarga

Manfaat sirup maple memang banyak. Walau demikian, bahan ini juga mengandung banyak gula sehingga konsumsinya mesti dibatasi. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI