2024 Makin Semangat Hidup Sehat, 6 Tren Kebugaran Ini Diprediksi Naik Daun

Masyarakat lebih semangat menjalani gaya hidup sehat di tahun 2024.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 16 Januari 2024 icon 17:00 WIB
2024 Makin Semangat Hidup Sehat, 6 Tren Kebugaran Ini Diprediksi Naik Daun

Ilustrasi perempuan melakukan olahraga jalan kaki di pagi hari (Pixabay/Pexels)

Gaya hidup sehat semakin diminati masyarakat. Semangat ini seringkali dipicu oleh keinginan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, mencoba aplikasi pada gadget, hingga menjajal pola atau gaya olahraga baru.

Vice President, Sports Performance and Fitness Education and Vice Chair, Fitness Advisory Board at Herbalife, Samantha Clayton mengungkapkan, selain keinginan untuk tampil menarik, masyarakat juga semakin menyadari pentingnya kebugaran untuk kegiatan sehari-hari dan menghargainya sebagai aspek mendasar dari kesejahteraan secara keseluruhan. 

"Menjadi lebih aktif di tahun yang baru akan lebih mudah dari sebelumnya karena teknologi, inovasi, dan konsep ilmu olahraga telah berkembang, menjanjikan tahun 2024 sebagai tahun yang tepat untuk fokus pada keinginan menjadi bugar dan menjalani kehidupan terbaik Anda," ungkapnya, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: Mau Main Golf? Dapatkan Perlengkapan Terbaiknya di Sini!

Berikut sejumlah prediksi tentang apa yang akan menjadi tren di tahun 2024:

Olahraga yoga di rumah. (Unsplash/Form)
Olahraga yoga di rumah. (Unsplash/Form)

Perangkat Pelacak Kebugaran

Pelacakan kebugaran kini menggunakan pendekatan lebih canggih. Teknologi baru tak cuma mengeksplorasi seberapa banyak seseorang bergerak, tetapi juga waktu istirahat hingga bagaimana denyut jantung berfluktuasi.

Baca Juga: Resep Smoothie ala Sophia Latjuba, Pakai Sirup Maple Gantinya Gula Biasa

Pelacak yang bisa dipakai termasuk jam tangan, gelang, dan aplikasi yang semuanya memberikan informasi untuk membantu pengguna memahami kebiasaan gaya hidup mereka.

Walau tak ada algoritma sempurna dan 100% akurat, hasil penelitian menyebutkan bahwa orang yang menggunakan perangkat pelacak cenderung lebih bertanggung jawab dan berolahraga lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak memakainya.

Pilates

Pilates masih akan jadi olahraga yang diminati banyak orang. Mereka menyukainya adalah bisa mendapatkan tubuh yang kencang dan stabilitas otot secara keseluruhan tanpa gerakan berdampak tinggi yang seringkali diperlukan oleh gaya olahraga lainnya.

Kamu bisa berlatih dan menikmati manfaat pilates dari rumah Anda sendiri dengan kelas on-demand atau bersama orang lain di studio kebugaran terdekat.

Pengalaman Berlari

Berlari adalah olaharaga yang bermanfaat membangun kebugaran kardiovaskular, daya tahan otot, dan kekuatan. Aktivitas ini juga bermanfaat untuk kesehatan mental, terutama peningkatan suasana hati. 

Apa yang dibutuhkan hanya sepatu yang nyaman serta semangat untuk bangun dan berlari. Tidak mau berlari? Kamu juga bisa mendapatkan manfaat yang kalah besarnya dengan olahraga jalan kaki.

Merangkul Komunitas

Banyak orang kembali tertarik pada kelas tatap muka termasuk spin, senam, dan bootcamp. Ikut komunitas membantumu menjaga tanggung jawab dan termotivasi untuk tetap menjalankan rencana kebugaran.

Personalisasi Didorong oleh Kecerdasan Buatan (AI)

Pengalaman kebugaran yang dipersonalisasi disebut bakal menjadi megatren dalam beberapa tahun ke depan. Dikombinasikan dengan perangkat pelacak, AI merevolusi pemrograman olahraga untuk memenuhi keunikan setiap individu. 

Pendekatan Holistik dan Terarah

Masyarakat semakin menyadari pentingnya mengikuti pendekatan yang menyeluruh. Kebugaran hanyalah salah satu pilar dari strategi untuk mencapai kesehatan optimal. 

Pendekatan holistik mencakup kebiasaan nutrisi yang baik, pilihan gaya hidup yang baik, pengurangan stres, dan perbaikan kebiasaan tidur.

Program-program yang ditargetkan untuk populasi khusus seperti pencegahan diabetes, pasca kehamilan, anti-penuaan, atau kebugaran berbasis rehabilitasi juga sedang menjadi tren. Masyarakat ingin menjadi spesifik dan industri pun mendengarkan serta memberikan solusi inovatif.

Baca Juga: 4 Tips Sukses Resolusi Sehat Tahun 2024, Segera Mulai dari Sekarang

"Tahun 2024, saya mengajak semua orang untuk bergabung dalam gerakan menuju kesejahteraan holistik, dan menerapkan gaya hidup yang merawat tubuh, pikiran, dan jiwa kita. Mari merayakan tahun yang memprioritaskan kesehatan, merangkul kesejahteraan holistik, dan menjalani hidup terbaik kita," uja Samantha.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI