4 Tipe Orang Belanja di E-Commerce, Ada Si Paling Gercep!

Berikut beberapa tipe orang yang hobi belanja di e-commerce.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 17 Januari 2024 icon 15:00 WIB
4 Tipe Orang Belanja di E-Commerce, Ada Si Paling Gercep!

Ilustrasi perempuan yang hobi belanja online (Freepik/benzoix)

Setiap orang bisa memiliki kecenderungan berbeda saat melakukan belanja online. Pasalnya, ada banyak hal yang dapat memengaruhi seseorang untuk menghabiskan uangnya dengan berselancar di e-commerce.

Maraknya e-commerce yang bermunculan di Indonesia kian membuat masyarakat memiliki banyak pilihan dengan kemampuan keuangan hingga kualitas barang yang diinginkan. Terlebih, saat ini e-commerce gencar membuat berbagai kampanye untuk menggaet pembeli.

Menurut Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia, Daniel Minardi, hal itu bisa digunakan untuk mengamati tipe belanja setiap orang saat menghadapi promo atau kampanye e-commerce. Dilansir dari Suara.com, berikut beberapa tipe belanja di e-commerce.

Baca Juga: Kartika Putri Belanja Bulanan Habis Rp17 Juta, Ternyata Ini Alasannya

Ilustrasi pria belanja online. (Pixabay/Hannes Edinger)
Ilustrasi pria belanja online. (Pixabay/Hannes Edinger)

1. Si Paling Gercep

Bagi orang-orang yang senang terlibat langsung, fitur siaran langsung bakal jadi andalan. Mereka menyukainya karen bisa berinteraksi secara real-time dengan para penjual.

Live shopping memang memungkinkan para calon pembeli untuk bertanya, berkomentar, tap love, bahkan berpartisipasi dalam permainan atau kontes yang diadakan selama siaran langsung. Itulah yang membuat proses jual-beli terasa lebih personal.

Baca Juga: Jangan Lewatkan! 5 Promo Liburan Tahun Baru di Tempat Wisata Seru

2. Si Paling Jatuh Cinta karena Visual

Mereka paling senang berbelanja lewat video yang diperlihatkan penjual. Pada fitur ini, penjual ataupun konten kreator menyajikan ulasan mendalam, memperlihatkan produk secara detail, memberikan wawasan, dan menciptakan pengalaman langsung kepada konsumen dalam bentuk video review maupun unboxing.

Konsumen jadi bisa mengidentifikasi produk secara lebih rinci, seperti memahami tekstur dan warna. Ini sangat mungkin menjadi poin pertimbangan penting sebelum keputusan pembelian.

3. Si Pengatur Strategi Daftar Pembelian

Ada orang suka membuat daftar keinginan sebelum belanja. Adanya keranjang di e-commerce membuat pembeli dapat dengan mudah menyimpan produk yang diinginkan. Jadi, mereka pun lebih mudah chek-out saat mendapat pemberitahuan produk tersebut diskon atau tersedia dalam promo khusus.

Tipe ini memanfaatkan strategi perencanaan yang matang demi mendapatkan barang impian dengan harga terbaik. Mereka biasanya juga pantang menyerah dalam scrolling produk sampai menemukan yang dinilai paling pas.

4. Si Tidak Tahan Godaan Promo

Mereka rajin mengikuti program tanggal cantik. Bisa juga tak sengaja membuka e-commerce, lalu melihat diskon dan promo, sehingga tertarik langsung membeli.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok Naik Jelang Libur Nataru, Terapkan 3 Tips Belanja Hemat Ini

Hanya saja, kelemahan tipe ini adalah tidak berpikir lebih dulu sebelum bertindak. Mereka mungkin senang bisa beli barang promo, tetapi akhirnya tidak tahu harus digunakan untuk apa karena aslinya tidak terlalu butuh atau bahkan tidak membutuhkannya sama sekali.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI