5 Arti Mimpi Mantan Berulang Kali, Pertanda Harus Bersama Kembali?

Apa sebenarnya arti mimpi mantan yang terjadi berulang kali?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 17 Januari 2024 icon 20:00 WIB
5 Arti Mimpi Mantan Berulang Kali, Pertanda Harus Bersama Kembali?

Ilustrasi perempuan patah hati. (Shutterstock)

Kamu mungkin merasa terganggu karena berulang kali mimpi tentang mantan. Apa maknanya? Cari tahu arti mimpi mantan hingga berulang kali di bawah ini.

Mimpi memang bisa saja hanya bunga tidur. Namun, rasanya berbeda jika kamu terus mengalami mimpi yang serupa sehingga menganggap ada pesan khusus yang mungkin ingin disampaikan alam bawah sadar.

Dilansir dari Insider, berikut beberapa arti mimpi mantan pacar maupun mantan istri atau suami hingga berulang kali.

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Main Catur, Saatnya Atur Strategi Hadapi Orang Licik

1. Tanda Kesepian

Psikoterapis Jennifer Freed mengungkapkan, mimpi tentang mantan saat kesepian adalah sesuatu yang normal dan wajar. Ini bukan berarti kamu ingin kembali menjalin kasih dengan sang mantan, tetapi mungkin merindukan rasanya memiliki hubungan dengan sosok spesial.

"Kamu selalu merindukan hubungan, dan kamu selalu kembali ke memori hubungan terakhir yang dijalani saat kamu merasa membutuhkan orang lain," tuturnya.

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Bertengkar, Bisa Jadi Pertanda Adanya Perkelahian di Kehidupan Nyata

Ilustrasi perceraian. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi perceraian. (Pixabay/Free-Photos)

2. Trauma dengan Perilaku Kasar Mantan

Kamu mungkin pernah mengalami pelecehan fisik dan emosional. Trauma bisa membuat kejadian tak menyenangkan itu terbawa hingga ke alam bawah sadar selama berbulan-bulan setelahnya, bahkan lebih lama dari itu.

"Orang-orang yang telah melalui segala macam trauma sering mengalami mimpi buruk pasca-trauma," ungkap peneliti dari Universitas Harvard, Deirdre Barrett.

Mimpi buruk yang berulang bisa menjadi salah satu gejala gangguan stres pasca-trauma atau PTSD. Ada baiknya segera mencapai bantuan profesional untuk mengatasinya.

3. Ada Perkara atau Urusan yang Belum Selesai

Kalau kamu terus mengalami mimpi yang sama tentang masa indah bersama mantan, ini bisa jadi pertanda bahwa kamu belum melupakan sosoknya atau ada masalah yang belum selesai di antara kalian.

4. Merasa Tidak Bahagia dengan Pasangan Sekarang

Perasaan tidak puas dengan hubungan saat ini juga bisa memicu mimpi mantan. Kamu tidak ingin mantanmu kembali, tetapi ada hal-hal yang dirindukan dari hubungan sebelumnya, seperti pola komunikasi atau cara menunjukkan kasih sayang.

Ada juga situasi di mana hubungan baru serupa dengan pola saat bersama mantan. Misalnya, pasanganmu saat ini juga merupakan pendengar yang buru seperti si mantan.

5. Pertanda move on

Jika kamu bermimpi hal baik tentang mantan kekasih, bisa jadi itu adalah pertanda kamu sudah tidak punya perasaan apa pun lagi untuknya.

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Gantungan Baju, Bisa Jadi Pertanda Air Susu Dibalas Air Tuba

"Kamu tahu bahwa kamu telah benar-benar dewasa dan move on adalah saat kamu bisa merasa sangat bersyukur atas apa yang diajarkan mantan dan hubungan itu padamu," ucap Freed.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI