Makanan Sehat Tetap Bisa Enak, Begini Caranya

Ahli ungkap makanan sehat bisa tetap memiliki rasa yang enak.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 19 Januari 2024 icon 13:00 WIB
Makanan Sehat Tetap Bisa Enak, Begini Caranya

Sajian sayur brokoli (Pixabay/Sendy Wulandhary)

Saat bicara soal makanan sehat, banyak orang langsung terbayang rasa yang tidak enak. Ini karena makanan sehat biasanya harus dibuat dengan menghindari berbagai penyedap rasa seperti garam, gula, maupun bumbu lainnya.

Rasa adalah unsur penting dalam makanan. Jadi, seseorang akan merasa senang menyantap makanan yang disajikan. Namun, apakah harus konsumsi makanan yang tidak sehat untuk bisa merasakan kenikmatan saat makan?

Guru Besar di bidang mikrobiologi dan bioteknologi molekuler, Prof. Dr. Ir. Antonius Suwanto, M. Sc., mengatakan bahwa makanan sehat juga harus enak. Pasalnya, dalam mengonsumsi makanan, selain pemenuhan gizi, ada kebutuhan lain yang perlu dipenuhi, yakni bahagia. Kebahagiaan akan saat makanan yang dikonsumsi terasa enak.

Baca Juga: 3 Manfaat Makanan Pedas, Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur

Sajian nasi goreng nanas (Freepik)
Sajian nasi goreng nanas (Freepik)

Oleh karenanya, fokus utama yang harus ditekankan adalah cara menciptakan makanan yang tidak hanya sehat, tetapi juga enak. Hal ini membutuhkan teknologi sebagai pendukung.

Prof. Antonius juga memberikan contoh adanya teknologi yang bisa mencacah garam menjadi lebih kecil. Proses yang ada akan membuat rasa garam menjadi lebih asin. Jadi, seseorang bisa mengurangi penggunaan garam, tetapi tetap mendapat rasa asin yang pas.

"Dengan begitu, orang itu memakan garam jumlahnya nggak sebanyak yang seharusnya, tapi sudah terasa lebih asin. Demikian juga dengan pemanis. Jadi ada cara dan kita perlu teknologi yang tepat untuk membuat makanan sehat tapi juga enak," kata Prof Antonius dalam acara NRC Summit 2024 bersama Nutrifood, Rabu (17/1/2024), dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: Resep Capcay Paling Simpel, Cocok Jadi Bekal Makan Siang ke Kantor

Pengembangan teknologi pangan merupakan unsur penting untuk membuat makanan menjadi enak. Menurutnya, hal ini penting untuk menjadi perhatian semua pihak.

"Jadi maksud saya itu, nutrisi sendiri nggak bisa dibicarakan terbatas dari orang gizi, tetapi melibatkan banyak aspek teknologi pangan di dalamnya juga perlu. Terus peraturan-peraturan pemerintah juga harus mengikuti karena misalnya pemerintah tidak adaptif, jadi kita bisa ketinggalan sendiri karena mestinya makan itu nggak bisa coba bergizi aja tapi harus enak jadi membuat orang bahagia,” sambungnya.

Melihat pentingnya permasalahan tersebut, Nutrifood dengan Nutrifood Research Center (NRC) menggelar NRC Summit 2024. Acara ini diharapkan dapat membuat penelitian yang bisa berdampak untuk masyarakat Indonesia.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Telur Berkualitas, Perhatikan Cangkangnya

"Kami berharap hasil penelitian dari NRC ini nantinya dapat berdampak untuk masyarakat Indonesia yang semakin sehat," ungkap Health and Nutrition Science Manager of Nutrifood Research Center, Felicia Kartawidjajaputra.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI