Tren Tema Pernikahan 2024, Siap Melepas Masa Lajang?

Berencana menikah tahun ini? Berikut bocoran tema pernikahan yang menjadi tren di tahun 2024.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 29 Januari 2024 icon 19:00 WIB
Tren Tema Pernikahan 2024, Siap Melepas Masa Lajang?

Ilustrasi Pengantin Wanita (Pexels/Terje Sollie)

Punya rencana menikah tahun ini? Kamu mungkin perlu mempertimbangkan beberapa hal yang menjadi tren acara pernikahan 2024.

Wedding expert sekaligus Group Head of Content Bridestory Noel Monique Renzita mengatakan, pasangan calon pengantin wajib mengutamakan dan mempertimbangkan preferensi masing-masing. Personalitas tetap harus dipertahankan agar pernikahan berlangsung sesuai tren tanpa mengabaikan karakter setiap pasangan.

"Ada banyak tematik pernikahan, tetapi kami menyarankan floral wonders sebagai tema fundamental dari pernikahan tahun ini. Floral wonders menonjolkan keindahan flora, dengan palet warna yang salah satunya adalah pantone color of the year, yaitu peach fuzz," ungkapnya, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Lebih Suka Menikah Umur 30an, Tak Peduli Omongan Orang

"Tema ini berangkat dari tema favorit pasangan yang ingin menikah di tahun ini dan bisa ditemukan detail aplikasinya di wedding fair, seperti Bridestory Market," imbuhnya.

Undangan pernikahan. (Unsplash/Micheile Henderson)
Undangan pernikahan. (Unsplash/Micheile Henderson)

Dikutip dari laman resmi Bridestory, tema floral wonders dapat diaplikasikan dalam berbagai elemen pernikahan. Untuk area pelaminan, elemen kain satin putih yang dirangkai dengan teknik drapery bisa jadi pilihan latar belakang. Kain tersebut menampilkan tekstur bebas kerut yang mengalir lembut alami.

Guna mempercantik pelaminan, disarankan memilih bunga peony mum dan ammi majus, lalu diperkuat dengan taman yang berisi bunga-bunga cerah sebagai ambience supaya terasa lebih hidup. Dengan tampilan pelaminan seperti itu, bangku dan kursi kayu adalah perpanjangan dari aliran karakter alam yang hangat.

Baca Juga: Daftar Tanggal Cantik Menikah 2024, Sudah Punya Calon?

Bagaimana dengan gaun pengantin? Ada beberapa alternatif. Veil dengan jenis blusher sebatas bahu dapat mempercantik gaun putih, dipadu dengan material linen dan embroidered organza untuk kebaya sebagai alternatif busana. Nuansa putih terkesan kuat dan bisa dipercantik dengan peach fuzz pada beberapa bagian. Gaun kemudian bisa dipadu dengan aksesori dari bunga lili dan dandelion.

Soal kartu undangan, teknologi emboss 3D bisa diaplikasikan melalui serangkaian teknik finishing untuk menonjolkan kecantikan tema floral wonders, di samping alternatif lain seperti foiling dan debossing.

Elemen lain yang bisa ditambahkan pada kartu undangan adalah pop-up dan kreasi artistik paperworks dengan menampilkan bunga anemone berkelopak cantik.

Buket pengantin dapat berupa karangan bunga kulit dengan menggunakan tulip, calla lily, mawar, dan astrantia yang dirangkai menjadi satu. Bisa juga buket bunga berukuran besar yang terdiri dari kelompok ammi majus, ruscus Italia, asparagus, dan baby's breath yang dibentuk menyerupai gaya bulan sabit terbalik.

Pasangan pengantin juga disarankan berkonsultasi dengan vendor-vendor profesional saat ingin mengaplikasikan tren pernikahan. Walau beberapa aspek pernikahan bisa ditangani sendiri, peran jasa vendor profesional sebagai asistensi tetap penting.

Baca Juga: Perkawinan Anak Masih Jadi Momok, Zaskia Adya Mecca: Jangan Menikah Terlalu Muda!

"Selain untuk menghemat tenaga, vendor-vendor dapat membantu mewujudkan visi pasangan calon pengantin secara efektif dan efisien," katanya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI