Hasil Survei: Resepsi Pernikahan dengan Tamu Skala Besar Masih Disukai

Milenial dan generasi Z ingin mengadakan resepsi pernikahan dengan tamu lebih dari 100 undangan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 31 Januari 2024 icon 09:45 WIB
Hasil Survei: Resepsi Pernikahan dengan Tamu Skala Besar Masih Disukai

Ilustrasi pernikahan. (Pexels/Danu Hidayatur Rahman)

Seperti apa acara pernikahan impianmu? Generasi muda, termasuk milenial dan gen Z masih memprioritaskan nilai-nilai tradisional dan kekeluargaan dalam merencanakan pernikahan.

Meski ada berbagai kemudahan menggelar pernikahan secara daring, konsep yang konvesional masih lebih disukai. Ini berdasarkan riset Danamon bersama Jakpat terhadap 1.000 responden yang berencana menikah dalam 1-3 tahun mendatang. Sebanyak 88 persen responden lebih memilih menyelenggarakan pernikahan secara luring.

Hasil riset juga menunjukkan bahwa sebanyak 62 persen responden ingin menggelar resepsi pernikahan dengan undangan yang cukup besar. Sekitar 44 persen menyebut bakal menyebar 100 undangan atau lebih.

Baca Juga: Tren Tema Pernikahan 2024, Siap Melepas Masa Lajang?

Selain itu, sebanyak 82 persen responden memilih menikah di kota tempat mereka tinggal untuk merayakan bersama keluarga dan orang terkasih. Aspek penting lain yang diperhatikan adalah makanan atau katering enak.

Ilustrasi Undangan Pernikahan (Pexels/Tara Winstead)
Ilustrasi Undangan Pernikahan (Pexels/Tara Winstead)

Tentu saja, keputusan yang dibuat berdampak pada aspek finansial. Diketahui bahwa rata-rata responden mempersiapkan budget pernikahan 2-4 tahun sebelumnya dengan menggunakan tabungan pribadi.

Jika penghasilan dirasa tidak mencukupi, sebagian besar responden memilih menunda pernikahan hingga mencapai tingkat penghasilan yang diinginkan. Oleh karenanya, 94 persen responden merasa butuh produk atau layanan untuk membantu mereka mencapai target menabung.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Lebih Suka Menikah Umur 30an, Tak Peduli Omongan Orang

Belum lama ini, Danamon kembali berkolaborasi dengan Bridestory untuk menggelar Bridestory Market 2024 sebagai sponsor utama. Pameran pernikahan ini sangat populer di mata responden.

Walau ada aplikasi dan situs web untuk merencanakan pernikahan, mayoritas responden tetap ingin mengunjungi wedding fair. Mereka ingin melihat langsung koleksi gaun pernikahan dan menemukan vendor yang sesuai.

Consumer Funding and Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk., Ivan Jaya, menegaskan komitmen mereka untuk membantu nasabah mewujudkan pernikahan impian. Mereka memperkenalkan tagline #Danamonikah, sebagai solusi 'Dana-mau-nikah.'

Baca Juga: 18 Tahun Menikah, Andre Taulany Berbagi Tips Rumah Tangga Harmonis

Pada Bridestory Market 2024, Ivan Jaya juga memperkenalkan Danamon Optimal sebagai one-stop financial solution untuk generasi muda. Produk ini membantu mempermudah persiapan pernikahan dan tahap kehidupan pasca pernikahan dengan layanan financial advisory, KPR, Kredit Tunai, dan investasi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI