Banyak Pria Masih Malas Pakai Kondom, Padahal Bisa Bikin Lebih Nikmat

Inilah beberapa manfaat menggunakan alat kontrasepsi kondom.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 25 Februari 2024 icon 19:00 WIB
Banyak Pria Masih Malas Pakai Kondom, Padahal Bisa Bikin Lebih Nikmat

Ilustrasi kondom. (Pixabay/kerryank)

Penggunaan kondom penting untuk mencegah infeksi menular seksual (IMS) dan HIV serta terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan. Sayangnya, pemakaian alat kontrasepsi ini masih kurang optimal di Indonesia.

Penelitian menunjukkan bahwa 8 dari 10 pria di Indonesia enggan pakai kondom. Penyebabnya antara lain kondom dinilai menimbulkan ketidaknyamanan dan mengurangi kenikmatan.

Data BKKBN juga menyebut hanya 1,19% pria yang berpartisipasi dalam keluarga berencana (KB) dengan menggunakan kondom.

Baca Juga: Wanita Ini Sudah Yakin Pacar Selingkuh, Barang Buktinya Malah Bikin Ngakak

Perlu diketahui bahwa kondom termasuk alat kontrasepsi pria yang paling mudah didapatkan dan digunakan. Harganya murah dan minim efek samping. Selain itu, kondom juga bisa menambah kenikmatan seksual.

Ilustrasi hubungan suami istri. (Pixabay/Sasin Tipchai)
Ilustrasi hubungan suami istri. (Pixabay/Sasin Tipchai)

"Kondom itu adalah salah satu metode pencegahan kehamilan, ada pasangan atau wanita yang memang dia tidak bisa menggunakan alat KB hormonal, sehingga ada alternatif. Kalau istri nggak bisa (KB), ya suaminya," ungkap Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI, dr Imran Prambudi, dalam peluncuran Sutera 003 di Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024) lalu, dilansir dari Suara.com.

Supaya pria bisa mengambil peran lebih besar dalam perencanaan keluarga melalui kondom, produk tersebut kini dibuat dengan berbagai inovasi.

Baca Juga: Kelakuan Kucing Bikin Gempar, Pria Ini Kaget Istrinya Positif Hamil

Beberapa kondom telah hadir dengan lubrican spesial yang membuat pasangan bisa tahan lama. Ada pula kondom yang punya beragam varian rasa dan aroma. Bahkan, ada kondom yang memiliki fitur seperti bergerigi sehingga memberikan sensasi menggairahkan bagi istri.

DKT Indonesia, sebagai organisasi pemasaran sosial, baru saja memperkenalkan Sutra 003. Ini adalah kondom lateks super tipis, yakni hanya 0.03 mm, membuat pengguna dan pasangannya hampir tidak merasakan kehadirannya.

"Sutra 003 bertujuan untuk membuat pria yang awalnya enggan menggunakan kondom untuk mulai menggunakan kondom sebagai bentuk perlindungan untuk diri mereka dan pasangannya, karena kondom ini tidak akan mengganggu kenikmatan saat berhubungan intim dan terasa seperti tidak menggunakan apa pun," kata Head of Marketing DKT Indonesia, Cut Vellayati.

Baca Juga: Bukan Item Fesyen, Saint Laurent Rilis Kondom Mewah

Selain sangat tipis sehingga tak mengganggu kenikmatan seksual, kondom ini telah teruji 100% secara elektronik untuk memastikan keamanan dan perlindungan secara maksimal.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI