15 Ide Menu Takjil Ramadan, Aneka Kolak hingga Gorengan

Mau bagi-bagi takjil di bulan Ramadan? Berikut ide menu takjil yang bisa kamu siapkan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 18 Maret 2024 icon 14:30 WIB
15 Ide Menu Takjil Ramadan, Aneka Kolak hingga Gorengan

Sajian gorengan risol (Pixabay/Mufid Majnun)

Buka puasa bersama di masjid adalah momen spesial tak tergantikan di bulan Ramadan. Apakah kamu juga berencana berbagai takjil untuk jamaah yang buka puasa di masjid?

Ada banyak menu takjil yang bisa kamu siapkan, baik makanan maupun minuman. Dilansir dari Suara.com, berikut deretan rekomendasinya.

1. Sop Buah 

Baca Juga: 5 Obyek Wisata Religi di Solo, Sudah Pernah ke Masjid Raya Sheikh Zayed?

Sop buah adalah takjil favorit banyak orang. Tak cuma buah-buahan, kamu juga bisa memadukannya dengan bahan tambahan, seperti biji selasih, nata de coco, cincau hitam, jelly lumut, degan, dan lainnya. 

Sajian sup buah (Freepik/jcomp)
Sajian sup buah (Freepik/jcomp)

2. Kolak Ubi 

Kolak ubi cukup mudah dibuat. Rasa manisnya disukai banyak orang. Supaya semakin nikmat, kolak ubi bisa dipadukan dengan potongan buah nangka dan es batu. 

Baca Juga: Menu Sahur Keluarga Fuji Bikin Ngiler, Lengkap Kayak Makan di Restoran

3. Es Cincau 

Untuk membuat es cincau, kamu cuma butuh bahan seperti air, gula merah cair, es batu, dan tentunya cincau. Cara membuatnya pun terbilang sederhana.

4. Es Pisang Ijo

Menu takjil lain yang cocok dibagikan di masjid adalah es pisang ijo. Jika tidak bisa bikin sendiri, kamu pun dapat memesannya dari penjual es pisang ijo.

5. Biji Salak  

Proses pembuatan biji salak memang cukup panjang. Walau demikian, rasa biji salak yang lezat dan enak selalu bikin ketagihan. 

6. Kolak Pisang

Kolak pisang mudah dibuat dan disukai banyak orang. Kamu juga bisa membelinya dari penjual takjil yang mudah ditemukan di bulan Ramadan.

7. Bubur Kacang Hijau 

Rekomendasi menu takjil lainnya adalah bubur kacang hijau. Selain murah, bubur kacang hijau juga mudah dibuat, enak, dan tentunya bergizi. 

8. Risol mayones 

Risol mayones yang berisi sosis, smoke beef, telur, saus, dan keju juga jadi favorit banyak orang. Hidangan ini juga cocok dijadikan takjil untuk jamaah yang buka puasa di masjid.

9. Pangsit tahu ayam

Gorengan memang kesukaan banyak orang, termasuk pangsit isi tahu ayam. Makanan ini pun mudah dibuat.

10. Bubur Sumsum

Bubur sumsum tak cuma cocok untuk sarapan, tetapi juga buka puasa. Cocok dimakan dalam kondisi hangat maupun dengan tambahan es.

11. Puding Buah 

Puding buah juga bisa jadi menu takjil yang cocok untuk dibagikan di masjid. Puding ini berisi potongan buah segar seperti melon, buah naga, anggur, dan apel.

12. Pisang Goreng Madu 

Pisang goreng madu agak berbeda dengan pisang goreng biasa. Pisang digoreng, lalu diberi lapisan madu di atasnya sehingga menciptakan kombinasi rasa manis alami dan tekstur lembut. 

13. Martabak telur mini

Martabak telur mini bisa disuguhkan sebagai takjil berbuka puasa di masjid. Rasa gurihnya disukai banyak orang.

14. Putu Ayu

Putu ayu adalah kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, santan, dan kelapa parut. Kue ini juga cocok jadi menu takjil buka puasa. 

15. Tanghulu

Baca Juga: 5 Tips Semangat Bekerja saat Puasa, Ramadan Tetap Produktif

Tanghulu adalah camilan tradisional khas Tiongkok yang dibuat buah-buahan tusuk layaknya sate. Tanghulu disajikan dengan lapisan karamel atau sirup gula yang mengeras saat dingin. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI